PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK PADA PRAKTIKUM KIMIA SMA/MA KELAS XI MATERI POKOK FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI BERDASARKAN STANDAR ISI 2006

SRI JUMAINI, NIM. 086700044 (2013) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK PADA PRAKTIKUM KIMIA SMA/MA KELAS XI MATERI POKOK FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI BERDASARKAN STANDAR ISI 2006. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK PADA PRAKTIKUM KIMIA SMA/MA KELAS XI MATERI POKOK FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI BERDASARKAN STANDAR ISI 2006)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK PADA PRAKTIKUM KIMIA SMA/MA KELAS XI MATERI POKOK FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI BERDASARKAN STANDAR ISI 2006)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian aspek psikomotorik pada praktikum kimia kelas XI materi pokok faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi yang memiliki karakteristik unggul. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen penilaian dalam mengukur kemampuan psikomotorik peserta didik pada praktikum melalui validasi ahli dan penilaian guru kimia SMA/MA. Penelitian ini menggunakan model prosedural Borg & Gall yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu: tahap analisis produk yang akan dikembangkan, tahap pengembangan produk awal, tahap validasi ahli dan revisi, dan tahap uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk. Produk instrumen penilaian ditinjau oleh dosen pembimbing, dosen ahli materi dan instrumen, serta dosen ahli bahasa. Instrumen penilaian yang dikembangkan diujicobakan pada skala kecil (terbatas), yaitu dengan menilaiakan produk kepada 5 guru kimia SMA/MA di Yogyakarta. Instrumen penilaian berupa lembar angket berbentuk daftar cek (check list). Aspek yang dinilaikan merupakan aspek yang berkaitan dengan kriteria instrumen penilaian antara lain objektivitas, kesistematisan, konstruksi, kebahasaan, kepraktisan, dan pembiayaan. Hasil validasi isi menunjukkan instrumen penilaian yang dikembangkan memiliki validitas isi yang memenuhi kriteria instrumen penilaian yang baik. Hasil penilaian guru terhadap instrumen menunjukkan bahwa instrumen penilaian memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 85%. Berdasarkan hasil validasi ahli dan penilaian guru maka instrumen penilaian aspek psikomotorik pada praktikum kimia SMA/MA materi pokok faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi layak digunakan. Kata Kunci: instrumen penilaian, kemampuan psikomotorik, praktikum kimia, laju reaksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2013 21:04
Last Modified: 22 Feb 2016 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7322

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum