EFEKTIVITAS MODEL LC 5E DAN LC 7E BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR DAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

YHONIS PUTRI PROBOWATI , NIM. 08690003 (2013) EFEKTIVITAS MODEL LC 5E DAN LC 7E BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR DAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL LC 5E DAN LC 7E BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR DAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL LC 5E DAN LC 7E BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR DAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan efektivitas model LC 5E dan LC 7E berdasarkan kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran fisika. (2) partisipasi siswa berdasarkan model LC 5E dan LC 7E dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisa data untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir dalam penelitian ini menggunakan analisis uji-t, yang sebelumnya sudah diuji terlebih dahulu terkait tingkat normalitas dan homogenitasnya. Sedangkan untuk mengetahui tingkat partisipasi siswa dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan persentase tingkat partisipasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis, maka dapat disimpulkan: (1) Terdapat perbedaan efektivitas model LC 5E dan LC 7E berdasarkan kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran fisika. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai persentase N-gain kelas eksperimen-1 (model LC 5E) adalah 65,26% dengan kriteria cukup efektif, sedangkan nilai persentase N-gain kelas eksperimen-2 (model LC 7E) adalah 49,52% dengan kriteria kurang efektif. (2) Partisipasi siswa kelas eksperimen- 1 menunjukkan nilai persentase tertinggi sebesar 37,01% yang berada pada kriteria kurang berpartisipasi, sedangkan partisipasi siswa kelas eksperimen-2 menunjukkan nilai persentase tertinggi sebesar 35,43% yang berada pada kriteria berpartisipasi. Sehingga penerapan model LC 5E lebih efektif daripada model LC 7E berdasarkan kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran fisika khususnya pada materi Kinematika, sedangkan model LC 7E lebih efektif daripada model LC 5E berdasarkan kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran fisika khususnya pada materi Kinematika. Kata kunci : LC 5E, LC 7E, Kemampuan berpikir, Partisipasi siswa dan Pembelajaran Fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2013 22:51
Last Modified: 05 Feb 2016 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7338

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum