EFEKTIVITAS PPL-KKN INTEGRATIF TAHUN 2012 DALAM PEMBENTUKAN CALON GURU BAHASA ARAB PROFESIONAL BAGI MAHASISWA JURUSAN PBA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DI MTsN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

HARISHUL ILMI, NIM. 09420151 (2013) EFEKTIVITAS PPL-KKN INTEGRATIF TAHUN 2012 DALAM PEMBENTUKAN CALON GURU BAHASA ARAB PROFESIONAL BAGI MAHASISWA JURUSAN PBA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DI MTsN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (775kB) | Preview

Abstract

Harishul Ilmi. Efektifitas PPL-KKN Integratif dalam Pembentukan Calon Guru bahasa Arab Profesional di MTsN Piyungan Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahuai efektifitas PPL-KKN dalam Pembentukan calon guru bahasa Arab dan memberi masukan terhadap progam PPL-KKN Integratif. Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan, dengan mengambil lokasi di MTsN Piyungan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Hebermen yaitu pengambilan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi Hasil penelitian menunjukkan: bahwa pelaksanaan kegiatan PPL-KKN Integratif sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh semua belah pihak, baik dari kampus, sekolah dan mahasiswa. Observasi madrasah, observasi pembelajaran praktik pembelajaran, praktik persekolahan dan praktik pengabdian dan pengembangan madrasah telah selesai dilaksanakan. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, efektivitas pelaksanaan PPL-KKN Integratif terhadap pembentukan calon guru bahasa Arab Profesional bisa dilihat dari dua hal, yaitu : efektif dari segi proses dan efektif dari segi hasil. Dalam proses pelaksanaannya sudah efektif dengan melihat dan hasil analisis dalam mengasah dan membentuk kompetensi calon guru bahasa Arab profesional. Berdasarkan dari segi hasil, mahasiswa mendapatkan nilai diatas batas minimal kelulusan, yaitu A-. Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan PPL-KKN sebagai masukan bagi Fakultas Tarbiah dan Keguruan khususnya bagi mahasiswa PBA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 May 2013 15:56
Last Modified: 03 May 2017 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7552

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum