METODE PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

SITI ZURAIDA AZIROH , NIM. 08470042 (2013) METODE PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)

Abstract

SITI ZURAIDA AZIROH. Metode Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogykarta. 2013. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa agama Islam adalah agama universal, yang mengajarkan kepada umatnya mengenai berbagai aspek kehidupan. Salah satunya yaitu mewajibkan kepada umat Islam untuk melaksanakan pendidikan. Setiap manusia dikaruniai potensi fitrah yang wajib dijaga, dirawat dan dikembangkan secara optimal. Demikian juga dengan anak yang kurang sempurna fisiknya. Mereka memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk mendapatkan pendidikan, sebab yang membedakan manusia satu dengan yang lain hanyalah tingkat ketakwaannya. Sesuai ajaran Islam tersebut, negara Indonesia sebagai negara mayoritas penduduknya muslim, juga mengamanatkan hak atas pendidikan tidak terkecuali anak-anak yang menyandang kekurangan fisik sehingga mereka memerlukan pelayanan pendidikan secara khusus. Media pendidikan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan perlu diperhatikan dan tidak terpaku pada bukubuku pelajaran saja, tetapi bisa dikembangkan pada media alternatif lainnya misal melalui karya sastra atau novel. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui metode pembelajaran anak berkebutuhan khusus dalam novel, (2) mengetahui relevansi metode pembelajaran anak berkebutuhan khusus dengan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan semiotik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis isi. Hasil penelitian ini menemukan metode pembelajaran anak berkebutuhan khusus dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya TereLiye antara lain: (1) metode pemberian cerita, (2) metode pembiasaan, (3) metode pemberian hukuman, (4) metode pemberian nasehat, (5) metode tadoma, (6) metode pemberian hadiah. Relevansi metode pembelajaran anak berkebutuhan khusus dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye dan pendidikan Islam yaitu: tujuan pendidikan yang menjadikan anak menjadi mandiri. Tujuan pembelajaran dibagi menjadi dua, yakni: tujuan sementara dan tujuan akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 May 2013 21:28
Last Modified: 24 Aug 2018 15:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7577

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum