HUBUNGAN ANTARA KARAKTER PERCAYA DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA PESERTA DIDIK KELAS X MAN YOGYAKARTA 1

TITIN RISYANI, NIM. 08420130 (2013) HUBUNGAN ANTARA KARAKTER PERCAYA DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA PESERTA DIDIK KELAS X MAN YOGYAKARTA 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KARAKTER PERCAYA DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA PESERTA DIDIK KELAS X MAN YOGYAKARTA 1)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KARAKTER PERCAYA DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA PESERTA DIDIK KELAS X MAN YOGYAKARTA 1)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)

Abstract

TITIN RISYANI. Hubungan antara Karakter Percaya Diri dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab pada Peserta Didik Kelas X MAN Yogyakarta 1. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter percaya diri peserta didik kelas X MAN Yogyakarta 1 dalam belajar bahasa Arab, prestasi belajar bahasa Arabnya, dan hubunga percaya diri dengan prestasi belajar bahasa Arab. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab, khususnya bahasa Arab di MAN Yogyakarta 1. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X D-G MAN Yogyakarta 1 tahun ajaran 2011/2012 yang seluruhnya berjumlah 134 peserta didik. Untuk penarikan sample, penelitian ini menggunakan simple random sampling, yaitu pengambilan sample secara acak dan tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Adapun sample yang diambil peneliti hanya 43 peserta didik atau sebanyak 32% dari jumlah keseluruhan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Pengkajian instrument menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis pengaruh karakter percaya diri terhadap prestasi belajar bahasa Arab menggunakan uji korelasi Product Moment dengan bantuan program komputer SPSS 16. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakter percaya diri dalam belajar bahasa Arab pada peserta didik kelas X MAN Yogyakarta 1 rata-rata berada pada ranking sedang. Sebanyak 16% peserta didik berada pada ranking tinggi, 70% peserta didik berada pada ranking sedang, dan 14% peserta didik berada pada ranking rendah. Demikian pula dengan prestasi belajar bahasa Arab pada peserta didik kelas X MAN Yogyakarta 1 rata-rata berada pada ranking sedang. Perbedaannya terletak pada prosentase masing-masing rankingnya, yaitu sebanyak 21% peserta didik berada pada ranking tinggi, 65% peserta didik berada pada ranking sedang, dan 14% peserta didik berada pada ranking rendah. Sedangkan hubungan kedua variabel tersebut adalah hubungan yang positif, yang berarti apabila karakter percaya diri tinggi maka prestasi belajar akan meningkat, dan apabila karakter percaya diri rendah maka prestasi belajar akan menurun. Hal ini ditunjukkan dengan angka signifikansi sebesar 0,030 yang lebih kecil dari 0,050 dan angka koefisien korelasi sebesar 0,332 yang bertanda positif. Namun hubungan ini bersifat lemah, karena angka koefisien korelasi yang mendekati 0. Percaya diri hanya memberikan pengaruh sebesar 11% terhadap prestasi belajar bahasa Arab. Hal tersebut ditunjukkan dengan angka koefisien determinasi sebesar 0,110.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 May 2013 17:31
Last Modified: 03 May 2017 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7629

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum