EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

WULAN YULIANA , NIM. 08410177 (2013) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
BAB II, III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)

Abstract

Wulan Yuliana, Evaluasi Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran Al- Qur’an Kelas XI di SMA Muhammadiyah 7. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum mata pelajaran Al-Qur’an kelas XI di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, faktor pendukung dan penghampat dalam implementasi kurikulum dan tingkat keberhasilan selama proses implementasi berlangsung dengan melihat produk yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang sudah terkumpul diolah menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi kurikulum mata pelajaran Al-Qur’an kelas XI di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta terlihat baik. Hal ini dilihat dari empat kriteria yang terpenuhi yaitu proses pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya, sarana dan prasarana yang telah memenuhi standar minimal yang ditetapkan pemerintah, kondisi lingkungan sekolah yang kondusif dan siswa yang telah memenuhi KKM adalah 221 siswa dari jumlah total 242 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, sedangkan yang tidak memenuhi KKM adalah 21 siswa. Jika diprosentase 221 siswa dari 242 tersebut sama dengan 91,32 %. Itu berarti telah melebihi kriteria yang ditetapkan oleh peneliti sebesar 75%, sehingga dapat disimpulkan implementasi kurikulum mata pelajaran Al-Qur’an kelas XI di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dari segi produk/hasilnya efektif. Faktor pendukung dalam implementasi kurikulum mata pelajaran al-Qur’an adalah: (a) sarana dan prasana sekolah yang memadai yaitu telah memenuhi standar minimal yang telah ditentukan oleh pemerintah dalam hal ini tercantum dalam Permen No 24/2007 tentang sarana dan prasarana, (b) lingkungan belajar yang kondusif yakni kondisi lingkungan sekolah khususnya kondisi dalam ruang kelas terhindar dari kebisingan, pencemaran air, dan pencemaran udara, (c) perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP yang digunakan oleh guru mata pelajaran Al-Qur’an sesuai dengan ketentuan penyusunan yang berlaku di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Faktor penghambat dalam implementasi kurikulum mata pelajaran Al-Qur’an adalah: (a) input siswa yang berbeda dalam hal kemampuan membaca Al-Qur’an, (b) jumlah siswa per kelas yang terlalu banyak, dan (c) keterbatasan bahan ajar dan media yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 May 2013 15:44
Last Modified: 24 Aug 2018 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7640

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum