PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 KLIRONG KEBUMEN

ZIZAH NURHANA, NIM. 09410242 (2013) PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 KLIRONG KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 KLIRONG KEBUMEN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 KLIRONG KEBUMEN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ZIZAH NURHANA. Penggunaan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Kelas XI IPS di SMA N 1 Klirong Kebumen. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya sejumlah kekurangan dalam proses pembelajaran PAI di SMA N 1 Klirong Kebumen terkait dengan keterbatasan alokasi waktu dan praktik pembelajaran yang hanya menggunakan bahan ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk seluruh aspek pembelajaran. Masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran mata pelajaran PAI di kelas XI IPS SMA N 1 Klirong Kebumen adalah rendahnya motivasi siswa untuk belajar, sehingga hasil yang dicapai siswa kurang dari batas minimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses penggunaan bahan ajar LKS dan mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar LKS dalam pembelajaran PAI bagi siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Klirong Kebumen. Berdasarkan proses pembelajarannya yang hanya menggunakan bahan ajar LKS menyebabkan siswa kurang dalam memperoleh materi PAI. Selain itu, LKS yang digunakan siswa kelas XI pada semester I Tahun Pelajaran 2011/2012 terdapat kekeliruan materi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar siswa kelas XI SMA N 1 Klirong Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan untuk pengembangan panduan pembelajaran PAI di SMA N 1 Klirong Kebumen. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan perpanjangan keikutsertaan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses penggunaan bahan ajar LKS bagi siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Klirong Kebumen melalui proses pembelajaran PAI di kelas menggunakan LKS yang disusun oleh tim MGMP PAI Kabupaten Kebumen. LKS tersebut digunakan guru PAI untuk meningkatkan prestasi siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. (2) Penggunaan bahan ajar LKS bagi siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Klirong Kebumen kurang efektif. Kurang efektif tersebut ditunjukkan pada hasil belajar yang dicapai siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Klirong Kebumen selama dua semester, yaitu ada beberapa siswa yang belum memenuhi KKM yang ditentukan yaitu 70. Dari ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester didapatkan angka 44,5 % (semester I) dan 61,66% (semester II). Prosentase yang dicapai tersebut kurang dari 75%, sehingga pembelajaran dengan menggunakan hanya bahan ajar LKS dapat dikatakan siswa kurang menguasai materi. Key word: Lembar Kerja Siswa (LKS), Proses Pembelajaran PAI, Efektivitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 May 2013 16:12
Last Modified: 07 Aug 2018 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7647

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum