IMPLEMENTASI E-LEARNING PAI DI SMA N 1 TELADAN YOGYAKARTA

ZUMROTUN NIKMAH , NIM. 09410229 (2013) IMPLEMENTASI E-LEARNING PAI DI SMA N 1 TELADAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI E-LEARNING PAI DI SMA N 1 TELADAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI E-LEARNING PAI DI SMA N 1 TELADAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ZUMROTUN NIKMAH. Implementasi E-learning PAI di SMA N 1 Teladan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah penggunaan e-learning sebagai media baru dalam proses belajar mengajar di SMA N 1 Teladan Yogyakarta khususnya dalam pelajaran PAI yang dirasa kurang optimal. Desain pembelajaran melalui elearning yang seharusnya sudah bisa diterapkan untuk membantu aktifitas pembelajaran PAI di kelas belum bisa dilaksanakan secara keseluruhan. Elearning PAI di SMA N 1 baru sampai pada tahap pemberian materi padahal seharusnya ada beberapa aktifitas pembelajaran yang bisa dilakukan melalui elearning. Hal ini disebabkan karena beberapa kendala seperti kurangnya ketrampilan guru dalam menggunakan e-learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan implementasi e-learning dalam pelajaran PAI dengan desain pembelajaran yang ada di website e-learning SMA N 1 Teladan Yogyakarta sehingga dapat ditemukan kendala implementasi e-learning dalam pelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil obyek penerapan e-learning PAI di SMA N 1 Teladan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Dan dari makna itulah ditarik kesimpulan untuk menyusun hasil karya terkait dengan implementasi e-learning PAI di SMA N 1 Teladan Yogyakarta. Sedangkan untuk menguji keabsahan data digunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pembelajaran melalui e-learning di SMA N 1 Teladan Yogyakarta dilaksanakan dengan menggunakan modul-modul yang ada di dalam moodle 1.8 seperti modul bacaan, modul penugasan, modul kuis, modul forum, dan modul chat. (2) Implementasi e-learning dalam pelajaran PAI sampai pada tahap penggunaan modul bacaan dan modul forum untuk e-learning PAI kelas X, sedangkan untuk e-learning PAI kelas XI dan XII belum diaktifkan. (3) Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dalam proses implementasi elearning PAI diantaranya kurangnya ketrampilan guru dalam mengoperasikan elearning, koneksi internet di luar lingkungan sekolah, kebutuhan PAI terhadap elearning, persepsi guru PAI terhadap e-learning, dan kurangnya motivasi guru PAI untuk menggunakan e-learning. Sedangkan kendala dari siswa meliputi kurangnya dorongan dari guru untuk menggunakan e-learning serta koneksi internet di luar lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 May 2013 16:15
Last Modified: 07 Aug 2018 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7648

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum