IMPLEMENTASI PENDEKATAN BERBASIS MASALAH DIKOLABORASIKAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIIA MTs MA’ARIF TEMBARAK

SALIK MURDIFIN, NIM. 08600043 (2013) IMPLEMENTASI PENDEKATAN BERBASIS MASALAH DIKOLABORASIKAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIIA MTs MA’ARIF TEMBARAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN BERBASIS MASALAH DIKOLABORASIKAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIIA MTs MA’ARIF TEMBARAK)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN BERBASIS MASALAH DIKOLABORASIKAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIIA MTs MA’ARIF TEMBARAK)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan komunikasi matematis dan keaktifan siswa kelas VIIA MTs Ma’arif Tembarak dengan mengimplementasikan pendekatan berbasis masalah dikolaborasikan dengan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif didukung dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas VIIA dengan jumlah 32 siswa dan guru matematika kelas VII MTs Ma’arif Tembarak pada semester gasal tahun ajaran 2012/2013. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran menggunakan pendekatan berbasis masalah yang dikolaborasikan dengan strategi pembelajaran TTW. Alat pengumpul data yang digunakan adalah soa tes, lembar observasi, wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kembangan Miles dan Huberman yang mempunyai empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah menggunakan pendekatan berbasis masalah yang dikolaborasikan dengan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW), komunikasi matematis dan keaktifan siswa kelas VIIA MTs Ma’arif Tembarak meningkat. Peningkatan komunikasi matematis terlihat dari rata-rata nilai kelas. Berdasarkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis, nilai rata-rata kelas tes kemampuan awal adalah 6,75, nilai rata-rata kelas siklus I mencapai 7,59 dan 7,59 untuk nilai rata-rata kelas siklus II. Berdasarkan lembar observasi keaktifan didapatkan persentase keaktifan pada siklus I sebesar 64,58% dan pada siklus II sebesar 86,11%. Kata Kunci: Pendekatan Bebrbasis Masalah, Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Komunikasi Matematis, dan Keaktifan Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 May 2013 18:05
Last Modified: 26 Jan 2016 15:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7708

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum