IMPLEMENTASI METODE GRAMATIKA – TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH SISWI KELAS ULĀ MADRASAH ALIYAH PUTRI WAHID HASYIM YOGYAKARTA

ASLA MARIA, NIM: 09420069 (2013) IMPLEMENTASI METODE GRAMATIKA – TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH SISWI KELAS ULĀ MADRASAH ALIYAH PUTRI WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE GRAMATIKA – TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH SISWI KELAS ULĀ MADRASAH ALIYAH PUTRI WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE GRAMATIKA – TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH SISWI KELAS ULĀ MADRASAH ALIYAH PUTRI WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)

Abstract

ASLA MARIA. Implementasi metode gramatika - tarjamah dalam pembelajaran mahāroh al- qiro’ah kelas ulā siswi Madrasah Aliyah putri Wahid Hasyim Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah pada umumnya seorang santri harus faham tentang ilmu agama yang sebagian besar sumbernya dengan bahasa Arab. sedangkan untuk memahaminya harus bisa membaca teks Arab. Begitu juga siswi di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim yang dalam pembelajaran maharoh Al-Qiroah menggunakan metode gramatika-tarjamah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode gramatika - tarjamah dalam pembelajaran mahāroh al- qirō’ah siswi kelas ulā Madrasah Aliyah putri Wahid Hasyim, problematika, serta hasil dari pembelajaran mahāroh al- qiro’ah dengan metode gramatika-tarjamah. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yaitu suatu metode yang menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk mendapatkan keterangan yang jelas dan terperinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pelaksanaan metode ini dibagi menjadi tiga tahapan. Pada tahapan pertama membaca materi. Tahapan kedua, identivikasi gramatika terhadap teks dari struktur kalimat dan terjemah. Tahapan yang ketiga adalah membaca dan tanya jawab. Hasil dari implementasi metode ini, siswi dapat membaca dan memahami materi dengan baik berdasarkan penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik. 2). Problematika yang terjadi dalam menerapkan metode ini yaitu: (a) Kesiapan siswi yang kurang maksimal, serta tingkat kefahaman siswi yang berbeda-beda. (b) Latar belakang pendidikan ustadzah. (c) Penggunaan jawa pegon dalam pemberian makna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 May 2013 18:02
Last Modified: 24 Jan 2022 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7719

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum