KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM USAHA PENGEMBANGAN MATERI BAHASA ARAB DI MAN MAGUWOHARJO

SINTA ISTHOFA HANIEK, NIM. 09420081 (2013) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM USAHA PENGEMBANGAN MATERI BAHASA ARAB DI MAN MAGUWOHARJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM USAHA PENGEMBANGAN MATERI BAHASA ARAB DI MAN MAGUWOHARJO)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM USAHA PENGEMBANGAN MATERI BAHASA ARAB DI MAN MAGUWOHARJO)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)

Abstract

SINTA ISTHOFA HANIEK. Kompetensi Profesional Guru dalam Usaha Pengembangan Materi Bahasa Arab Di MAN Maguwoharjo. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2013. Latar belakang penelitian ini adalah seorang guru seharusnya terus melakukan pengembangan materi yang telah ada sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. Sehingga siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan tujuan utama pembelajaran bahasa Arab. Akan tetapi pada kenyataannya tidak banyak dari guru yang melakukan uasah pengembangan materi dan proses pembelajaran bahasa Arab cenderung mengalami keterlambatan dari apa yang telah direncanakan dalam kurikulum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) usaha guru dalam pengembangan materi bahasa arab, 2) sumber materi pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa Arab, 3) hasil dari pengembangan materi berikut dengan kelemahan dan kelebihannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk menganalisis dan menginterpretasikan data yang berupa fakta-fakta dari hasil penelitian yang tidak berwujud angka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Usaha pengembangan materi yang dilakukan oleh guru bahasa Arab di MAN Maguwoharjo dengan cara adaptasi yakni mengadakan modifikasi isi dengan cara menambah beberapa materi sehingga menjadikannya lebih sesuai dengan tujuan dan peserta didik. (2) Sumber belajar yang digunakan guru dalam menunjang proses pembelajaran bahasa Arab berupa: a) Tempat atau lingkungan meliputi kelas dan perpustakaan, b) Orang atau nara sumber meliputi guru, c) Objek meliputi benda sekitar ruangan kelas, d) Bahan cetak dan non cetak yang meliputi buku pelajaran bahasa Arab karya Dr. Hidayat, LKS Hikmah, dan materi yang tersimpan dalam media pembelajaran. (3) Kelemahan dari pengembangan materi tersebut adalah materi terlalu meluas dan menuntut siswa untuk terus menghafal. Adapun kelebihan dari pengembangan materi tersebut adalah memperkaya pengetahuan siswa terkait bahasa Arab dan materi dekat dengan lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 May 2013 18:14
Last Modified: 03 May 2017 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7747

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum