IMPLEMENTASI MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V B SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

MIFTAKHUL FALAH ISLAMI, NIM. 09420169 (2013) IMPLEMENTASI MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V B SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V B SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V B SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Miftakhul Falah Islami. Implementasi Media Flash Card Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa kelas V B SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Umbulharjo Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan media Flash Card dalam proses pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab kelas V B SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Umbulharjo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini tediri dari dua siklus terhadap 20 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Flash Card dalam proses pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab kelas V B SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Umbulharjo Yogyakarta yang terjadi dalam dua siklus. Dari hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh dari pengkajian ini adalah nilai rata-rata kelas ulangan harian pra tindakan yaitu 61, nilai rata-rata kelas pada ulangan harian pada siklus I yaitu 79,75, dan siklus II yaitu 91. Dari data tersebut dapat dilihat adanya peningkatan nilai rata-rata kelas antara ulangan harian pra tindakan dengan siklus I sebesar 18,75 dan peningkatan nilai rata-rata ulangan harian antara siklus I dengan siklus II sebesar 10,25. Sedangkan peningkatan nilai rata-rata kelas antara ulangan harian pra tindakan dengan siklus II yaitu 29. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Flash Card dalam proses pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab kelas V B SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Umbulharjo Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 May 2013 17:42
Last Modified: 27 Apr 2017 14:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7880

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum