IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MIND MAP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 3 CEPER KLATEN

ARIF RAHMAN, NIM. 08600065 (2012) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MIND MAP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 3 CEPER KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MIND MAP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 3 CEPER KLATEN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MIND MAP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 3 CEPER KLATEN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa melalui penggunaan mind map dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan pokok bahasan segiempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang biasa disingkat dengan PTK. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VIID SMP Negeri 3 Ceper Klaten tahun ajaran 2011/2012. Hasil penelitian tindakan kelas mengenai pembelajaran melalui penggunaan mind map dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan adanya tanggapan positif dari siswa. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari postest tiap siklus, wawancara, jurnal harian, skala serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil rata-rata nilai test kemampuan pemahaman konsep, rata-rata nilai test siklus I adalah 65,06 sedangkan siklus II rata-rata nilainya adalah 80,05. Dan berdasarkan Skala yang diberikan siswa, mendapatkan respon positif sebesar 82,76%. Keyword: Mind Map, Model Pembelajaran Kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), Kemampuan pemahaman matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 May 2013 16:36
Last Modified: 22 Jan 2016 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7938

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum