PENDIDIKAN ISLAM DI KOTA YOGYAKARTA (PERAN ULAMA DALAM MELAWAN POLITIK PENDIDIKAN KOLONIAL 1910-1942)

MUSLIMIN, NIM.: 04121922 (2011) PENDIDIKAN ISLAM DI KOTA YOGYAKARTA (PERAN ULAMA DALAM MELAWAN POLITIK PENDIDIKAN KOLONIAL 1910-1942). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ISLAM DI KOTA YOGYAKARTA (PERAN ULAMA DALAM MELAWAN POLITIK PENDIDIKAN KOLONIAL 1910-1942))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ISLAM DI KOTA YOGYAKARTA (PERAN ULAMA DALAM MELAWAN POLITIK PENDIDIKAN KOLONIAL 1910-1942))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Yogyakarta merupakan wilayah (Vorstenlanden) yang unik, karena pada tahun 1910-1942 muncul berbagai golongan dan organisasi baik yang berhaluan politik, ekonomi, dan keagamaan yang menumbuhkan semangat nasionalisme di masyarakat tradisional maupun modern. Aktifitas religius mengalami musim semi kembali akibat bermunculannya organisasi keagamaan di Yogyakarta, sebut saja SI (1911), Muhammadiyah (1912) dan NU (1926). Para ulama telah menuntut ilmu di Timur Tengah, utamanya di al-Haramayn mereka membentuk pendidikan tradisional dan modern, yaitu muncul untuk mengimbangi pendidikan sekuler Eropa yang dibawa oleh kolonial Belanda, terutama di daerah tradisional Kesultanan Yogyakarta. Penelitian ini tidak hanya membahas tentang pendidikan tradisional atau pendidikan modern saja, tetapi menggabungkan dari kedua kutub pendidikan tersebut dalam melawan pendidikan kolonial. Tetapi juga melihat bagaimana setrategi dan intelektualitas ulama dalam melawan pendidikan kolonial. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan dan lapangan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Fungsionalisme Struktural yang dikembangkan oleh Robert K. Marton, menurut dia Fungsionalisme Struktual adalah untuk menjaga keutuhan struktur sosial, keberadaan suatu pranata tentu menurut fungsionalismenya. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana para ulama modern dan tradisionalis dalam mengembangkan pendidikan Islam dan bagaimana penetrasi ulama dalam mengkonter pendidikan Eropa (kolonial Belanda). Kontribusi penelitian ini secara teoritis diharapkan bermanfaat untuk memperkaya khazanah intelektual, memberi informasi bagi disiplin keilmuan dan dijadikan pijakan dalam mempelajari atau membenahi kondisi pendidikan Islam saat ini dan sebagai sumber acuan bagi peneliti selanjutnya maupun untuk penulis lain di bidang yang sama. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Dudung Abdurahman, M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Aktifitas religius, pendidikan kolonial, pendidikan Islam
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
ISLAM DAN PENDIDIKAN
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 18 Jul 2023 11:02
Last Modified: 18 Jul 2023 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/808

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum