PROFESIONALISME GURU BAHASA ARAB DI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA (Telaah Kritis Kompetensi Guru Bahasa Arab)

ELI ERMAWATI, NIM. 08420068 (2013) PROFESIONALISME GURU BAHASA ARAB DI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA (Telaah Kritis Kompetensi Guru Bahasa Arab). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROFESIONALISME GURU BAHASA ARAB DI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA (Telaah Kritis Kompetensi Guru Bahasa Arab))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROFESIONALISME GURU BAHASA ARAB DI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA (Telaah Kritis Kompetensi Guru Bahasa Arab))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)

Abstract

Eli Ermawati. Profesionalisme Guru Bahasa Arab di MAN Tempel Sleman (Telaah Kritis Kompetensi Guru Bahasa Arab. Skripsi. Yogyakarta; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana tingkat profesionalisme guru bahasa Arab di MAN Tempel ditinjau dari kompetensi profesionalnya, yang meliputi keterampilan merencanakan pembelajaran, keterampilan melaksanakan pembelajaran, dan keterampilan mengevaluasi pembelajaran, serta faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru bahasa Arab di MAN Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil lokasi di MAN Tempel Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen.Teknik analisis data yang digunakan adalah mengidentifikasi beberapa konsep, menganalisis, dan melakukan pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kompetensi guru bahasa Arab di MAN Tempel cukup memenuhi standar profesionalisme guru bahasa Arab, ditinjau dari kompetensi profesional guru yakni yang meliputi keterampilan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan menilai pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari buku kerja guru yang sistematis, penyusunan RPP dan Silabus serta penguasaan materi sebelum pelaksanaan pembelajaran dimulai. Selain itu dalam hal keterampilan melaksanakan pembelajaran, dapat dilihat dari analisis RPP berdasarkan observasi penulis di kelas. Keterampilan mengevaluasi pembelajaran yakni kemampuan guru dalam membuat atau menyusun soal latihan untuk siswa terkait dengan materi yang diajarkan. (2) Dengan melihat kompetensi profesional guru bahasa Arab di MAN Tempel, maka terlihat bahwa guru bahasa Arab di MAN Tempel mempunyai profesionalisme yang cukup baik. (3) Kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru bahasa Arab di MAN Tempel dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni faktor intern dan faktor ekstern, faktor intern meliputi: a. Kesadaran dari dalam diri bahwa menjadi guru bahasa Arab yang profesional adalah mempunyai kompetensi tentang keterampilan merencanakan, keterampilan melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran. b. Banyak belajar dan menemukan metode serta strategi pembelajaran yang inovatif dan kreatif melalui media. c. Semangat untuk mentransfer ilmu pada para peserta didik, demi kepentingan bersama dan kualitas SDM. Faktor ekstern meliputi: a. Adanya MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) bahasa Arab MAN se-DIY, b. Sering mengikuti seminar pendidikan terutama yang menyangkut bahasa Arab, c. Adanya kesempatan untuk melanjutkan kuliah S2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Jun 2013 18:28
Last Modified: 20 Apr 2017 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8118

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum