STRATEGI PEMASARAN RADAR JOGJA DALAM MEMPERLUAS PASAR DI YOGYAKARTA

ATINA MUFLIHAH - NIM: 02210922, (2008) STRATEGI PEMASARAN RADAR JOGJA DALAM MEMPERLUAS PASAR DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN RADAR JOGJA DALAM MEMPERLUAS PASAR DI YOGYAKARTA)
BAB I, iV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN RADAR JOGJA DALAM MEMPERLUAS PASAR DI YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Akhir-akhir ini persaingan di dunia pers semakin ketat. Baik dari segi membidik pembaca maupun mencari pemasang iklan. Semakin banyaknya surat kabar-surat kabar yang bermunculan berarti semakin sulitnya persaingan yang terjadi diantara perusahaan-perusahaan surat kabar. Akan tetapi tidak sedikit surat kabar-surat kabar yang baru berdiri tersebut tidak dapat berdiri lama. Apalagi setelah krisi moneter yang melanda Indonesia. Ditambah biaya cetak dan kertas yang terus meningkat. Bagaimanapun media masa memang tidak bisa lepas dari faktor ekonomi, artinya media masa tidak bisa lepas dari keindustrian, faktor finansial sangat mempengaruhi kerja media masa. Kegagalan tersebut haruslah bisa dipahami sebagai kesalahan dalam manajemen perusahaan media masa yang bersangkutan. Harus di pahami memang walaupun media masa berfungsi sosial akan tetapi harus diperhatikan pula eksistensi dari nilai jual tersebut, maksudnya adalah harus ada perbedaan format berita yang di suguhkan agar ada nilai beda dengan media masa yang lainnya. Semakin beda akan semakin memberi nilai jual pada media masa yang bersangkutan. Hal ini juga sebagai bahan pertimbangan bahwa persaingan di media masa sangat ketat. Dan persaingan itu bukan hanya dari sesama perusahaan Surat Kabar akan tetapi juga dari media masa lainnya seperti majalah, televisi dan juga radio. Dalam kondisi seperti ini profesionalisme pengelolaan surat kabar mutlak diperlukan, salah satunya melalui penerapan pemasaran surat kabar yang baik. Selain dituntut menghasilkan produk jurnalistik yang bagus juga harus diimbangi dengan kinerja pemasaran yang baik pula. Berdasar hal tersebut di atas, maka penulis mencoba untuk mengetahui berbagai strategi pemasaran yang digunakan Radar Jogja dalam meraih pasar (pelanggan pembaca maupun pemasang iklan) di Yogyakarta. Serta untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung yang dialami oleh Radar Jogja, karena bagaimanapun setiap usaha pasti ada faktor pendukung maupun penghambatnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Moch. Sahlan M.Si.
Uncontrolled Keywords: Surat Kabar, Pemasaran
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 06 May 2012 00:10
Last Modified: 27 Dec 2016 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/814

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum