PENGEMBANGAN MODUL KIMIA POLIMER BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XII SEMESTER 2

VANY FAHREZA HERVICI, NIM. 09670038 (2013) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA POLIMER BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XII SEMESTER 2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA POLIMER BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XII SEMESTER 2 )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA POLIMER BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XII SEMESTER 2 )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan sumber belajar mandiri kimia untuk siswa SMA/MA. Tujuannya adalah untuk (1) mengetahui ciri proses dan karakteristik modul kimia polimer berbasis kontekstual sebagai sumber belajar mandiri yang layak untuk pembelajaran peserta didik SMA/MA kelas XII semester 2, (2) mengetahui kelayakan modul kimia polimer berbasis kontekstual sebagai sumber belajar mandiri peserta didik SMA/MA kelas XII semester 2 dalam proses pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-P yang diadaptasi dari model pengembangan 4-D. Prosedur dalam penelitian ini ada 4 tahap, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan namun penyebarluasan tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Produk modul kimia ini ditinjau oleh dosen pembimbing, ahli media dan ahli materi, serta tiga orang peer reviewer. Subyek penilaian kualitas modul ini adalah 3 guru kimia SMA/MA. Selain itu, modul ini juga direspon oleh 10 peserta didik SMA/MA di Kota Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa lembar skala penilaian 1-5 yang berisi aspek dan kriteria tertentu. Penilaian kualitas yang dilakukan meliputi 8 aspek penilaian, yaitu aspek pendekatan penulisan, aspek kebenaran konsep, aspek kedalaman dan keluasan konsep, aspek kejelasan kalimat dan kebahasaan, aspek penampilan fisik, aspek keterlaksanaan, aspek evaluasi belajar, dan aspek tipografi. Hasil penilaian dan respon berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, kemudian dianalisis menggunakan statistika deskriptif untuk menentukan kualitas modul kimia yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul kimia yang dikembangkan menurut 3 guru kimia SMA/MA di Yogyakarta mendapatkan kualitas Baik (B). Skor rata-rata yang diperoleh sebesar 99 dari skor rata-rata maksimal 110 dan presentase keidealan 90%. Selain itu, modul ini mendapat respon positif dari peserta didik dengan presentase keidealan 98% dan skor rata-rata 19,6 dari skor rata-rata maksimal 20. Berdasarkan hal tersebut, maka, modul kimia yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri bagi peserta didik kelas XII SMA/MA. Kata Kunci: modul kimia, pendekatan kontekstual, polimer, dan sumber belajar mandiri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jun 2013 16:47
Last Modified: 22 Feb 2016 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8209

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum