PENGEMBANGAN BUKU KUMPULAN PERMAINAN EDUKATIF UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1

HARDIKA MUHAMMAD ARIF, NIM. 09670009 (2013) PENGEMBANGAN BUKU KUMPULAN PERMAINAN EDUKATIF UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU KUMPULAN PERMAINAN EDUKATIF UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU KUMPULAN PERMAINAN EDUKATIF UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik proses dan produk pengembangan buku kumpulan permainan edukatif untuk SMA/MA kelas XI semester 1. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas buku kumpulan permainan edukatif untuk SMA/MA kelas XI semester 1. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) yang dibatasi sampai tahap development (pengembangan). Tahap analisis dilakukan melalui analisis kebutuhan (wawancara). Tahap perancangan meliputi pengumpulan materi dan perancangan buku. Tahap pengembangan meliputi pembuatan buku, pengonsultasian buku kepada dosen pembimbing, para ahli (ahli materi dan ahli media), serta 3 orang peer reviewer. Buku kumpulan permainan edukatif dinilai kualitasnya oleh reviewer (5 pendidik kimia SMA/MA baik negeri maupun swasta di Yogyakarta) dan direspon oleh 10 peserta didik SMA/MA kelas XI IPA (5 peserta didik MA Muhammadiyah Mu’alimin Yogyakarta dan 5 peserta didik SMAN 10 Yogyakarta). Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar skala penilaian yang berisi 12 aspek dan 23 kriteria penilaian dan lembar angket respon untuk memperoleh data respon peserta didik. Hasil penilaian ini berupa data kuantitatif (berupa nilai kategori) kemudian dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku kumpulan permainan edukatif. Produk akhir buku kumpulan permainan edukatif untuk kelas XI semester 1 memperoleh presentase keidealan sebesar 88,5% atau dengan kualitas Sangat Baik (SB), serta mendapat respon positif dari peserta didik sebesar 92%. Dengan demikian, buku kumpulan permainan edukatif layak digunakan pendidik dalam mengelola proses pembelajaran, serta layak digunakan peserta didik sebagai sumber belajar mandiri. Kata Kunci: Penelitian pengembangan, Permainan edukatif, Buku permainan edukatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jul 2013 16:05
Last Modified: 22 Feb 2016 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8513

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum