RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN TERINTEGRASI BERBASIS KOMPUTER PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS

LILIK SETIONO, NIM. 03460497, (2008) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN TERINTEGRASI BERBASIS KOMPUTER PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN TERINTEGRASI BERBASIS KOMPUTER PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS)
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN TERINTEGRASI BERBASIS KOMPUTER PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sekolah yang bermutu adalah sekolah yang dapat menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi pada berbagai tataran baik daerah, regional, nasional, dan global. Untuk memudahkan pembelajaran diperlukan alat bantu yang mampu menterjemahkan sesuatu yang abstrak menjadi konkrit. Alat bantu tersebut dikenal dengan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan pada prestasi belajar siswa antara penggunaan media pembelajaran berbasis computer dengan pembelajaran secara konvensional, mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan media computer dalam pembelajaran, dan mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Wonokromo Bantul kelas X pada tahun pelajaran 2006/2007 pokok bahasan listrik dinamis. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R amp;D) dan menggunakan desain penelitian 4D: Define, Design, Develop, and Distiminate. Pengujian media pembelajaran menggunakan desain penelitian Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan data dalam penelitian ini melalui nilai awal, nilai akhir, angket tanggapan siswa, angket tanggapan teman sejawat, dan angket tanggapan ahli. Hasil perhitungan uji hipotesis pertama didapatkan nilai Thitung 22,513 lebih besar dari Ttabel 2,056 dengan mean nilai pretest kelas eksperimen 53,7037 dan mean nilai posttest kelas eksperimen 76,3333. Pada perhitungan uji kedua nilai Thitung 2,214 lebih besar dari Ttabel 2,021. Hasil uji t tersebut berarti bahwa ada perbedaan yang nyata dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis computer dengan metode konvensional. Nilai R Square adalah 0,893 sehingga sumbangan media pembelajaran terhadap peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 89,3%. Kriteria kelayakan media pembelajaran dilihat dari persentase tanggapan. Tanggapan siswa sebesar 51% setuju, tanggapan teman sejawat sebesar 63,7% setuju, dan tanggapan ahli sebesar 61% setuju sehingga media dalam kriteria layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran memberikan manfaat terhadap hasil belajar pelajaran fisika. Dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa. i Kata Kunci : Media Pembelajaran, Listrik Dinamis. /i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Agus Mulyanto, S.Si., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Listrik Dinamis.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 05 May 2012 23:59
Last Modified: 07 Dec 2016 10:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/859

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum