STRUKTUR MATERI QOWAID DALAM BUKU AJAR “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB” KARYA A. SYAEKHUDDIN DAN HASAN SAEFULLAH UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH (Analisis Berdasarkan Perspektif Al-Nahwu Al-Wadih)

YULFIANA ROHMATIN, NIM. 09420176 (2013) STRUKTUR MATERI QOWAID DALAM BUKU AJAR “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB” KARYA A. SYAEKHUDDIN DAN HASAN SAEFULLAH UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH (Analisis Berdasarkan Perspektif Al-Nahwu Al-Wadih). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRUKTUR MATERI QOWAID DALAM BUKU AJAR “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB” KARYA A. SYAEKHUDDIN DAN HASAN SAEFULLAH UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH (Analisis Berdasarkan Perspektif Al-Nahwu Al-Wadih))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRUKTUR MATERI QOWAID DALAM BUKU AJAR “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB” KARYA A. SYAEKHUDDIN DAN HASAN SAEFULLAH UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH (Analisis Berdasarkan Perspektif Al-Nahwu Al-Wadih))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur dan interkoneksitaskontinuitas materi qowaid dalam buku ajar “Ayo Memahami Bahasa Arab” berdasarkan perspektif Al-Nahwu Al- Wadih yang merupakan buku khusus pembelajaran qowaid bagi para pemula. Penelitian ini merupakan Penelitian kepustakaan yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara membaca buku-buku atau majalah dan sumber data lainnya atau literatur dalam perpustakaan maupun dari tempat-tempat lainnya. Dalam penelitian ini sumber data primer yang digunakan adalah: Buku Ajar “Ayo Memahami Bahasa Arab“ karya A. Syaekhuddih dan Hasan Saefullah untuk Madrasah Tsanawiyah Jilid I, II, dan III serta Kitab Al-Nahwu Al-Wadih. Dan sumber data sekunder yang digunakan adalah buku-buku atau dokumen lain yang berkaitan dengan pembahasan ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistematika pengurutan materi qowaid dalam buku ajar bahasa Arab jilid I, II dan III tidak sesuai dengan sistematika pengurutan materi dalam Al-Nahwu Al-Wadih. Berdasarkan prinsip pengurutan materi, buku ajar bahasa Arab jilid I dan III menggunakan prinsip pengurutan materi dari yang sederhana ke komplek dan buku ajar bahasa Arab jilid II mengunakan prinsip pengelompokan materi yang bersifat berlawanan dan penyajian materi yang bersifat prasyarat bagi materi selanjutnya. Sedangkan dalam Al-Nahwu Al-Wadih ketiga prinsip tersebut digunakan dalam pengurutan materi-materi qowaidnya. Al-Nahwu Al-Wadih dan buku ajar bahasa Arab samasama menggunakan model induktif dalam teknik penyajian materinya, meskipun terdapat perbedaan dalam bentuk contoh, pembahasan dan kesimpulan. Dari 8 bentuk latihan dalam Al-Nahwu Al-Wadih, kesesuaian bentuk latihan yang digunakan di dalam buku ajar bahasa Arab adalah bentuk latihan mengisi dan melengkapi, mengubah bentuk, membuat kalimat dan mengarang. Selain itu, latihan umum dalam Al-Nahwu Al-Wadih disajikan pada bagian terakhir juz III, sedangkan dalam buku ajar bahasa Arab latihan umum disajikan per-semester. Interkoneksitas dan kontinuitas materi qowaid dalam Al-Nahwu Al-Wadih dapat dianalisa berdasarkan prinsip pengurutan materi dan teknik penyajian materi yang digunakan yaitu dari sederhana ke yang kompleks dan penyajian materi yang merupakan prasyarat untuk materi selanjutnya. Sedangkan secara keseluruhan antara jilid I, II dan III dalam buku ajar bahasa Arab, tidak menggunakan prinsip pengurutan dan teknik penyajian materi sebagaimana terdapat dalam Al-Nahwu Al-Wadih. Dengan demikian materi qowaid dalam buku ajar bahasa Arab tidak bersifat interkonektif dan kontinues.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jul 2013 15:57
Last Modified: 03 May 2017 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8611

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum