PEMANFAATAN BAHAN DAUR ULANG UNTUK PENGEMBANGAN ALAT TITRASI SEDERHANA SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA/MA

UJANG UKARDI, NIM. 08670003 (2013) PEMANFAATAN BAHAN DAUR ULANG UNTUK PENGEMBANGAN ALAT TITRASI SEDERHANA SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN BAHAN DAUR ULANG UNTUK PENGEMBANGAN ALAT TITRASI SEDERHANA SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA/MA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN BAHAN DAUR ULANG UNTUK PENGEMBANGAN ALAT TITRASI SEDERHANA SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA/MA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengetahui ciri proses dan karakteristik, serta kelaikan dan kualitas alat titrasi sederhana menggunakan bahan daur ulang sebagai sumber belajar kimia. Kualitas alat titrasi sederhana yang dikembangkan didasarkan pada penilaian 4 guru kimia serta respon dari 11 peserta didik SMA/MA kelas XI IPA. Penelitian pengembangan ini menggunakan 5 tahapan, yaitu tahap perencanaan yang meliputi analisis kurikulum dan pemilihan topik materi, tahap pengorganisasian meliputi pengumpulan referensi yang berkaitan dengan materi asam basa dan pembuatan rancangan alat titrasi, tahap pelaksanaan yang meliputi pembuatan alat sesuai dengan desain alat, tahap pengujian produk, dan tahap penilaian produk. Alat titrasi sederhana ini divalidasi oleh 2 dosen pembimbing, 1 ahli materi, 1 ahli media pembelajaran, dan 4 orang peer reviewer. Penilaian produk dilakukan oleh reviewer yaitu 4 guru kimia SMA/MA serta direspon oleh 11 peserta didik SMA/MA di Kota Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang berisi aspek dan kriteria tertentu. Hasil penilaian reviewer dan respon peserta didik yang berupa data kualitatif kemudian diubah menjadi data kuantitatif dengan skala Likert. Untuk mengetahui kualitas alat titrasi, data diubah menjadi data kualitatif skala lima dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal dan persentase keidealan untuk menentukan kualitas alat titrasi sederhana yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat titrasi sederhana yang dikembangkan menurut 4 guru kimia SMA/MA di Yogyakarta memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 86,90%. Berdasarkan respon 11 peserta didik, alat titrasi yang dikembangkan memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 96,54% sehingga laik digunakan sebagai sebagai sumber belajar. Kata kunci: penelitian dan pengembangan (R&D), bahan daur ulang, dan alat titrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Jul 2013 21:50
Last Modified: 22 Feb 2016 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8754

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum