PENGARUH PENGGUNAAN PAKET MEDIA KARTU HIDROKARBON TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GENAP SMA UII BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

MAULIDA TRI OKTAVIANI, NIM. 09670022 (2013) PENGARUH PENGGUNAAN PAKET MEDIA KARTU HIDROKARBON TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GENAP SMA UII BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN PAKET MEDIA KARTU HIDROKARBON TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GENAP SMA UII BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN PAKET MEDIA KARTU HIDROKARBON TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GENAP SMA UII BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang berjudul ―Pengaruh Penggunaan Paket Media Kartu Hidrokarbon terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA UII Banguntapan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013‖. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan paket media kartu hidrokarbon terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X SMA UII Banguntapan Bantul Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui pengaruh penggunaan paket media kartu tersebut terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas X SMA UII Banguntapan Bantul Yogyakarta yang berjumlah 75 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain Pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar skala motivasi belajar, lembar soal pilihan ganda, dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan paket media kartu hidrokarbon memberikan pengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar kimia peserta didik. Hal ini berdasarkan analisis menggunakan uji t dan uji F antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t untuk motivasi t hitung (3,065) > t tabel (2,015). Hasil uji t untuk hasil belajar diperoleh t (2,365) > t (2,015). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara motivasi dan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya, berdasarkan uji F untuk motivasi diperoleh F tabel hitung (9,391) > F (4,062). Hasil uji F untuk hasil belajar adalah F hitung (5,595) > F tabel tabel (4,062). Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan paket media kartu hidrokarbon memberikan pengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar kimia peserta didik. Kata kunci : quasi eksperimen, paket media kartu hidrokarbon, motivasi belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jul 2013 16:37
Last Modified: 22 Feb 2016 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8779

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum