PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM EDUKASI KIMIA BERWAWASAN INTEGRASI ISLAM-SAINS PADA MATERI REAKSI KIMIA UNTUK SMP/MTs KELAS VII TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTsN SUMBER AGUNG KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL

FITROH DWI NUGROHO, NIM. 08670058 (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM EDUKASI KIMIA BERWAWASAN INTEGRASI ISLAM-SAINS PADA MATERI REAKSI KIMIA UNTUK SMP/MTs KELAS VII TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTsN SUMBER AGUNG KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM EDUKASI KIMIA BERWAWASAN INTEGRASI ISLAM-SAINS PADA MATERI REAKSI KIMIA UNTUK SMP/MTs KELAS VII TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTsN SUMBER AGUNG KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text ( PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM EDUKASI KIMIA BERWAWASAN INTEGRASI ISLAM-SAINS PADA MATERI REAKSI KIMIA UNTUK SMP/MTs KELAS VII TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTsN SUMBER AGUNG KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan media film edukasi kimia berwawasan Integrasi Islam-Sains terhadap motivasi belajar peserta didik di MTsN Sumber Agung. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan media film edukasi kimia berwawasan Integrasi Islam-Sains terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN Sumber Agung. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian eksperimen (quasi eksperimental) yang menggunakan produk media pembelajaran hasil karya Mega Lia Yuslita Dewi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTsN Sumber Agung Jetis yang terdiri dari 4 kelas dan 2 kelas diantaranya digunakan sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran film edukasi kimia berwawasan Integrasi Islam-Sains, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: tes dan angket. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda dan angket motivasi. Sedangkan teknik analisis data untuk menguji hipotesis ini adalah uji non parametrik U Mann-Whitney. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi pada motivasi belajar peserta didik sebesar 0,028 sehingga Ha diterima yaitu terdapat perbedaan pengaruh penggunaan media film edukasi kimia berwawasan Integrasi Islam-Sains terhadap motivasi belajar peserta didik di MTsN Sumber Agung. Sedangkan pada prestasi belajar di dapat signifikansi 0,002 sehingga Ha diterima, yaitu terdapat perbedaan pengaruh penggunaan media film edukasi kimia berwawasan Integrasi IslamSains terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN Sumber Agung. Kata Kunci: Film edukasi kimia, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Uji Coba Produk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jul 2013 18:34
Last Modified: 22 Feb 2016 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8803

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum