PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR 4.5 KELAS VIII BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY

DITE ISTHIKA KIRANA, NIM. 09600044 (2013) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR 4.5 KELAS VIII BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR 4.5 KELAS VIII BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR 4.5 KELAS VIII BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Subject Specific Pedagogy (SSP) Matematika K.D. 4.5 Kelas VIII Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry dan menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) Matematika pada K.D. 4.5 Kelas VIII Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry yang siap dipakai oleh guru matematika SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terbatas path empat tahap yaitu analysis, design, development, dan implementation. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII B dan VIIIA SMP Negeri 4 Sewon tahun ajaran 2012/2013. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar penilaian SSP, lembar evaluasi, serta lembar respon peserta didik dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan SSP Matematika K.D. 4.5 Kelas VIII Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry yang berisi silabus, RPP, LKPD, media dan instrumen penilaian dengan empat tahap pengembangan yaitu tahap analisis (analysis) meliputi analisis kurikulum, materi, karakteristik peserta didik, dan kebutuhan guru, kemudian dilanjutkan dengan tahap perancangan (design) yang terdiri dari penyusunan peta kebutuhan SSP, penyusunan kerangka SSP, melengkapi unsur-unsur SSP. Tahap berikutnya adalah pengembangan (development) meliputi penulisan SSP, penyuntingan produk awal, dan uji coba terbatas. Dan data penyuntingan produk awal dianalisis untuk memperoleh tingkat validitas SSP, didapatkan hasil tingkat validitas SSP sangat baik dengan skor 80,97%. Pada tahap implementasi (implementation) dilakukan dengan mengujikan produk SSP dalam proses pembelajaran di kelas, memberikan pre-test dan post-test, serta membagikan skala respon peserta didik dan guru.. Berdasar hasil analisis SSP ini telah teruji efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik ditunjukkan dari nilai rata-rata post-test (75,46) yang lebih besar dari nilai rata-rata pre-test (16,92) dan persentase peserta didik yang mencapai KKM 73,08% yang berarti keefektifan SSP ini baik. Praktibilitas SSP ini dilihat berdasarkan hasil analisis skala respon peserta didik yang memperoleh respon positif dengan persentase skor 79,68% sedang dari skala guru diperoleh respon sangat positif dengan persentase skor 90,76%. Kata Kunci: pengembangan, Subject Specific Pedagogy (SSP), guided inquiry,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Jul 2013 16:35
Last Modified: 25 Jan 2016 11:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9047

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum