PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS

HERRY WIJAYANTO, NIM. 08600055 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif yang berkualitas menggunakan Adobe Flash CS3 Professional dengan pendekatan penemuan terbimbing siswa SMP kelas VIII pada pokok bahasan Teorema Pythagoras. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model prosedural Alessi dan Trollip (2001) yang meliputi planning, design, dan development. Tahapan planning (perencanaan) ini meliputi: penentuan ruang lingkup; pengidentifikasian karakteristik siswa; dan penetapan kendala serta penetapan dan pengumpulan sumber daya yang dilanjutkan dengan tahapan design (perancangan) yang mencakup pengembangan ide untuk isi media yang diintegrasikan dengan pendekatan penemuan terbimbing, analisis konsep media, dan pembuatan diagram alur. Tahapan terakhir yaitu development (pembuatan) yang meliputi perakitan bahan-bahan menggunakan software Adobe Flash CS3 Professional, persiapan bahan dukungan, tes alfa, revisi I, tes beta (mencakup small testing, revisi II, dan field trials), dan revisi akhir. Hasil revisi akhir (final product) ini kemudian dikemas dalam bentuk CD. Adapun pengumpulan datanya menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian media pembelajaran matematika, dan angket respon siswa terhadap pendekatan penemuan terbimbing. Kualitas media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash CS3 Professional dengan pendekatan penemuan terbimbing siswa SMP kelas VIII pada pokok bahasan Teorema Pythagoras secara keseluruhan berdasarkan akumulasi penilaian dari tiga aspek (aspek pendidikan, aspek tampilan, dan aspek kualitas teknis) sesuai dengan hasil yang diperoleh adalah sangat baik, dengan skor rata-rata 159,3 dari skor maksimal 180 dan persentase skor rata-rata sebesar 88,5%. Selain itu, skor rata-rata hasil reaksi siswa terhadap pendekatan penemuan terbimbing sebesar 53,96 dari skor maksimal 64 atau sebesar 84,31% yang dapat disimpulkan bahwa hasil reaksi siswa terhadap pendekatan penemuan terbimbing menunjukkan hasil reaksi yang sangat positif. Jadi, media pembelajaran ini layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Kata kunci: pengembangan media pembelajaran, Adobe Flash CS3 Professional, Alessi dan Trollip, pendekatan penemuan terbimbing, Teorema Pythagoras

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Jul 2013 16:39
Last Modified: 25 Jan 2016 12:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9048

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum