PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI DAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH PADA KD 1.5 DAN 1.6 KELAS XI IPA KTSP

SITI MUTMAINAH, NIM. 09600038 (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI DAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH PADA KD 1.5 DAN 1.6 KELAS XI IPA KTSP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI DAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH PADA KD 1.5 DAN 1.6 KELAS XI IPA KTSP )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI DAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH PADA KD 1.5 DAN 1.6 KELAS XI IPA KTSP )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan bahan ajar berbasis masalah yang dapat memfasilitasi pencapaian kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi (KBMTT) dan kecerdasan emosional (KE); (2) kualitas bahan ajar yang dapat memfasilitasi pencapaian KBMTT dan KE berdasarkan penilaian para validator; (3) efektivitas bahan ajar yang dapat memfasilitasi pencapaian KBMTT dan KE. Selain itu, (4) mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan dan pembelajaran yang digunakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan mengadaptasi dari desain penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall dalam Sugiyono (2008), meliputi tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap uji coba produk. Instrumen dalam penelitian ini meliputi lembar penilaian bahan ajar, tes KBMTT, skala sikap KE, lembar observasi kemapuan guru, lembar observasi aktivitas peserta didik, angket respon, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial yang meliputi ANOVA dua arah, ANOVA satu arah, uji Tukey-Kramer, dan uji t satu sisi. Pengujian ini dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 dan microsoft excel 2010. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) pengembangan bahan ajar berbasis masalah yang dapat memfasilitasi pencapaian KBMTT dan KE dilakukan dengan 3 tahap yakni: pendahuluan, pengembangan, dan uji produk; (2) kualitas bahan ajar yang dapat memfasilitasi pencapaian KBMTT dan KE berdasarkan penilaian 3 validator memperoleh skor rata-rata 192.33 dari skor maksimal 265; (3) pengujian efektivitas memperoleh hasil: (a) nilai Sig. 0.000 < 0.05 artinya terdapat perbedaan rata-rata Ngain tes KBMTT antar kategori KMU; (b) nilai Sig. 0.263 > 0.05 artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata Ngain tes KBMTT berdasarkan gender; (c) nilai Sig. 0.000 < 0.05 artinya terdapat perbedaan rata-rata Ngain skala sikap KE antar kategori KMU; (d) nilai Sig. 0.148 > 0.05 artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata Ngain skala sikap KE berdasarkan gender; (e) hubungan pencapaian KBMTT dan KE memperoleh nilai r = 0.966 dari skor maksimal 1.000, artinya hubungan sangat kuat dan searah. Selain itu, (4) peserta didik merespon dengan baik dan positif terhadap bahan ajar dan pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini. Kata kunci: Bahan Ajar Berbasis Masalah, Kecerdasan Emosional, Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Aug 2013 17:01
Last Modified: 26 Jan 2016 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9069

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum