UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V MI AL ISLAM DONOMULYO SECANG MAGELANG MELALUI PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING

AMBAR NURHIDAYATI, NIM. 09481003 (2013) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V MI AL ISLAM DONOMULYO SECANG MAGELANG MELALUI PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V MI AL ISLAM DONOMULYO SECANG MAGELANG MELALUI PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V MI AL ISLAM DONOMULYO SECANG MAGELANG MELALUI PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembelajaran IPS, seharusnya melibatkan peserta didik secara langsung agar pembelajaran akan lebih bermakna. Di samping itu suasana belajar yang menyenangkan akan mempengaruhi minat dan prestasi belajar peserta didik. Di MI Al Islam Donomulyo proses pembelajaran belum melibatkan peserta didik, guru masih berperan aktif dalam pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap minat dan prestasi belajar peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa ( student centered ). Salah satu diantaranya adalah metode inkuiri terbimbing dengan tujuan agar dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar peserta didik. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah penerapan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar IPS kelas V MI Al Islam Donomulyo, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS peserta didik setelah penerapan metode inkuiri terbimbing. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi minat peserta didik yang diambil dari hasil pengamatan selama proses pembelajaran di setiap siklusnya, untuk prestasi belajat peserta didik diambil dari pemberian lembar tes prestasi pada setiap akhir siklus aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan peserta didik dan guru serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas V MI Al Islam Donomulyo. Minat dan prestasi peserta didik sangat baik, (2) Peningkatan hasil belajar IPS peserta didik setelah penerapan metode inkuiri terbimbing mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata yang meningkat, pada siklus I (77,65) dan pada siklus II mencapai rata-rata (87,41). Penerapan metode inkuiri terbimbing dapat dikatakan berhasil. Kata Kunci: Pembelajaran IPS MI, Metode Inkuiri, Minat, Prestasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Aug 2013 10:35
Last Modified: 24 Jan 2017 15:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9136

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum