IMPLEMENTASI TRILOGI KI HAJAR DEWANTARA DALAM KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA

WENTI SUPARTI , NIM. 09470028 (2013) IMPLEMENTASI TRILOGI KI HAJAR DEWANTARA DALAM KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI TRILOGI KI HAJAR DEWANTARA DALAM KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI TRILOGI KI HAJAR DEWANTARA DALAM KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wenti Suparti. Implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2013. Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari realitas yang ada pada kasus yang banyak dilakukan oleh kepala sekolah yang melakukan perilaku yang tidak bermoral di antaranya kasus kepala sekolah yang melakukan korupsi dana BOS, pungli (pungutan liar) kepada siswa-siswinya, penjokian di ujian nasional (UN) dimana kepala sekolah memberikan kunci jawaban kepada siswa-siswinya dengan imbalan berupa uang yang sudah disepakati bersama dan bahkan ada juga kepala sekolah yang dibawa ke meja hijau karena melakukan pelecehan seksual terhadap siswinya. Kasus yang dilakukan kepala sekolah tersebut dikarenakan tidak mempunyai prinsip untuk menjadi seorang pemimpin yang seharusnya kepala sekolah dapat memberi contoh, membimbing dan menuntun untuk mencapai tujuan pendidikan. Alasan peneliti memilih objek penelitian di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta karena SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta merupakan salah satu perguruan Taman Siswa yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara. Peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi Trilogi kepemimpinan Ki Hajar Dewantara di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Apakah kepala sekolah sudah dapat mengimplementasikan Trilogi Ki Hajar Dewantara? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil latar di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara (In depth Interview), observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Konsep Trilogi Ki Hajar Dewantara (Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri Handayani) merupakan konsep kepemimpinan yang demokratis yang bersifat ngewongke dengan memberikan kebebasan kepada bawahannya untuk berkembang sesuai kodratnya masing-masing. Ing Ngarsa Sung Tuladha kepala sekolah diimplementasikan dengan visi yang utuh, tanggung jawab, keteladanan dan mendengarkan orang lain. Ing Madya Mangun Karsa diimplementasikan dengan memberdayakan staf, memberi layanan prima, fokus pada peserta didik dan mengembangkan orang. Tut Wuri Handayani dilakukan kepala sekolah dengan memberdayakan staf dengan mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Sep 2013 13:35
Last Modified: 24 Aug 2018 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9244

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum