PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS BIOLOGI ADOBE FLASH UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

ABD. RAHMAN TAUFIQ, NIM. 08680065 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS BIOLOGI ADOBE FLASH UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS BIOLOGI ADOBE FLASH UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS BIOLOGI ADOBE FLASH UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (690kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Sains Biologi Adobe Flash yang sesuai untuk siswa SMP/MTs kelas VIII pada materi Sistem pencernaan manusia, serta mengetahui kualitas media pembelajaran sains biologi Adobe Flash yang dikembangkan pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP/MTs sehingga layak digunakan dalam pembelajaran sains biologi. Penelitian yang telah dilakukan termasuk dalam jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu Analisais (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen penilaian yang digunakan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran ini adalah lembar angket yang mencakup beberapa aspek penilaian meliputi: aspek kelayakan materi/isi, kebahasaan, penyajian, keterlaksanaan, dan evaluasi. Kualitas media dinilai oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, 3 peer reviewer, 3 guru sains biologi dan 15 siswa kelas VIII. Guru dan siswa yang terlibat dalam penelitian berasal dari MTs Negeri Model Sumber Bungur Pamekasan 3 melalui uji terbatas. Data yang diperoleh data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilaian dari tiap aspek penilaian dijumlahkan, dirata-rata untuk masing-masing aspek penilaian, serta dipersentase sehingga diketahui kualitas media berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh. Hasil penilaian menunjukkan bahwa media pembelajaran dikembangkan melalui tahap ADDIE. Media pembelajaran telah memenuhi kriteria kualitas media yang baik. Persentase penilaian kualitas media pembelajaran sains biologi Adobe Flash berdasarkan penilaian reviewer, peer reviewer dan guru secara keseluruhan dinyatakan Sangat Baik (SB) dengan persentase 87 %. Sedangkan menurut penilaian siswa secara keseluruhan dinyatakan sangat baik (SB) dengan persentase 83,2 %. Berdasarkan penilaian tersebut media yang dikembangkan sesuai untuk siswa SMP/MTs kelas VIII dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sains biologi. Kata Kunci: Pengembangan media, pembelajaran, Adobe Flash, pencernaan manusia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Runtut Prih Utami, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan media, pembelajaran, Adobe Flash, pencernaan manusia
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Dec 2013 14:17
Last Modified: 02 Mar 2016 16:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9745

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum