PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTIS) DI PLAY GROUP INKLUSI KLINIK IDOLA SLEMAN YOGYAKARTA

AKHMAD RUSMANUDIN, NIM. 07410210 (2012) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTIS) DI PLAY GROUP INKLUSI KLINIK IDOLA SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Pendidikan Agama Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) di Play group inklusi klinik IDOLA Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pada dasawarsa terahir banyak bermunculan kelompok bermain (Play group) sebagai lembaga pendidikan pra sekolah. Fenomena ini merupakan jawaban atas program pemerintah yang mulai menggalakan agar diadakannya Pendidikan untuk anak usia dini (PAUD) yang mengajarkan pendidikan agama guna menanamkan karakter atau akhlak yang baik pada anak sejak dini. Dalam pelaksanaannya mungkin akan mudah ketika yang dihadapi adalah anak-anak yang normal (tidak mengalami gangguan perkembangan). Tetapi bagaimana ketika yang dihadapi adalah anak dengan gangguan perkembangan atau berkebutuhan khusus (autisme). Berangkat dari persoalan ini, maka penelitian ini berusaha untuk menjelaskan tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus (autis) di Play group inklusi klinik IDOLA Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil latar Play group Inklusi Klinik IDOLA. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan interpretasi terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan untuk kemudian disajikan guna penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Materi pendidikan agama Islam yang diberikan masih sangat sederhana dan terbatas pada pengenalan Allah, ibadah, huruf hijaiyah dan nilai moral. Pelaksanaan pembelajaran PAI tidak dilaksanakan secara terpisah menjadi 1 materi mandiri, akan tetapi diintegrasikan menjadi 1 materi dengan kompetensi lain yang diajarkan. Dalam proses pembelajaran antara anak yang berkebutuhan tidak dipisahkan dengan anak yang normal agar anak yang berkebutuhan terbiasa dan bisa berinteraksi dengan sekelilingnya. Untuk mengurangi kejenuhan biasanya kelas di bagi menjadi 3 kelompok sesuai dengan jumlah guru yang ada, dan pada keadaan tertentu 1 siswa ditangani secara khusus oleh 1 guru. metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu : Metode bermain, karya wisata, bercakap-cakap, bercerita, demonstrasi, bernyanyi, dan pemberian tugas. Sedangkan pendekatan yang digunakan meliputi: Pendekatan emosional, rasional, inquiry, refleksi, dan pengalaman. (2) hasil pembelajaran sudah cukup baik, ini bisa dilihat dari perubahan yang tampak pada siswa setelah mengikuti pembelajaran. Yaitu siswa bisa menjawab pertanyaan pada post test, siswa menjadi terbiasa berdoa dan mengucap salam, bersalaman dengan orang tua dan guru serta hafal beberapa doa-doa pendek (3) yang menjadi hambatan dalam proses pembelajaran yaitu: waktu yang singkat, kesulitan mengkondisikan kelas, konsentrasi siswa yang tergantung mood belajar, kurangnya media pembelajaran khususnya berkaitan dengan materi PAI, tidak adanya guru asli bidang keilmuan PAI, terbatasnya pengetahuan tentang autisme sehingga menyulitkan penanganan secara tepat. Yang menjadi faktor pendukung : semangat guru, kepercayaan dan dukungan orang tua siswa, serta lingkungan belajar yang kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: inkluisi, autis, playgroup
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 23 Jan 2014 14:29
Last Modified: 23 Jan 2014 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9843

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum