UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII D DI MTS N WONOKROMO PLERET BANTUL

AMBARWATI SA’ADAH, NIM. 08410073 (2012) UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII D DI MTS N WONOKROMO PLERET BANTUL. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Ambarwati Sa’adah, Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII D Di MTs N Wonokromo. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam proses pembelajaran di dalam kelas guru menemui masalah yang dialami siswa dan dapat menghambat proses pembelajaran, salah satu masalah itu adalah kesulitan belajar Al-Qur’an Hadits. Oleh sebab itu, maka guru harus melakukan tindakan untuk menyelesaikan permasalahan kesulitan belajar untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif dan efektif. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apa saja faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa di MTs N Wonokromo bagaimana usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar di MTs N Wonokromo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dan usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa di MTs N Wonokromo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menga mbil tempat di MTs N Wonokromo. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan yang jeli, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dan akhirnya menganalisis data untuk mengetahui keabsahan dan kevalitan data, sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa yaitu dari lingkungan keluarga karena masalah internal keluarga, lingkungan masyarakat dimana lingkungan yang tidak mendukung untuk belajar Al-Qur’an Hadits, lingkungan sekolah karena pengadaan buku panduan dan kerena pergaulan siswa di sekolah dengan teman sebaya. (2) Usaha guru untuk mengatasi kesulitan belajar Al-Qur’an Hadits bersifat kuratif (menyembuhkan) dengan cara pendekatan pada siswa, motivasi, membimbing siswa dengan telaten, bimbingan belajar, bersifat preventif (mencegah) dengan cara melakukan kerjasama dengan pihak-pihak yang mendukung usaha guru, memberikan reward. Hasil dari usaha guru adalah adanya peningkatan kemampuan siswa dan adanya semangat yang ditunjukkan siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 05 Mar 2014 11:56
Last Modified: 05 Mar 2014 11:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9920

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum