FARIDAH MUSTHOFIYAH, NIM. 07410065 (2012) PENERAPAN METODE MIND MAP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARANALQUR’AN SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH BAGELEN TAHUN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.
|
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II, III.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
FARIDAH MUSTHOFIYAH , Penerapan Metode Mind Map Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Bagelen Tahun 2011 / 2012. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari kurangnya perhatian siswa pada saat proses pembelajaran agama khususnya Al-Qur’an berlangsung di sekolah. Karena pendidik hanya penggunakan metode pembelajaran yang masih tradisional yaitu ceramah dan tanya jawab. Hal ini menyebabkan nilai atau prestasi yang dicapai oleh siswa kurang memuaskan. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran di SMP Muhammadiyah Bagelen sebelum dan saat menggunakan metode Mind Map, bagaimana prestasi peserta didik SMP Muhammadiyah Bagelen antara sebelum dan sesudah menggunakan Metode Mind Map dan apakah terdapat perbedaan yang signifikan mengenai peningkatan prestasi belajar pada Mata Pelajaran Al-Qur’an siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Bagelen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an antara sebelum dan saat menggunakan metode Mind Map dan mengetahui efektifitas penerapan metode Mind Map pada pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan prestasi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Bagelen. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber ilmiah bagi dunia pendidikan dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, evaluasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus t-test untuk mengetahui perbandingan peningkatan prestasi antara sebelum dan setelah menggunakan metode Mind Map dalam pembelajaran Al-Qur’an. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) selama ini proses pembelajaran Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah Bagelen masih berpusat pada guru, sehingga banyak siswa yang tidak memperhatikan. Sedangkan pada saat menggunakan metode Mind Map, siswa terlihat antusias. Karena selain belajar, mereka juga dapat mengembangkan imajinasinya dalam sebuah gambar. (2) Prestasi belajar siswa sebelum menggunakan Metode Mind Map masih banyak yang belum mencapai tingkat ketuntasan, (3) Setelah metode Mind Map diterapkan dalam pembelajaran Al-Qur’an ternyata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Ini terlihat pada penelitian pada siklus pertama dan kedua, (4) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang menggunakan metode tradisional dan yang menggunakan metode Mind Map.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode mond map, prestasi belajar, alqur'an |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Edi Prasetya [edi_hoki] |
Date Deposited: | 07 Mar 2014 09:12 |
Last Modified: | 07 Mar 2014 09:12 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9973 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |