TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Hj. Juwariyah, M.Ag. ID - digilib10025 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10025/ A1 - MOH. NAWAWI, NIM. 08470087 Y1 - 2013/07/25/ N2 - Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan akhlak merupakan wahana pembibitan manusia menuju sosok paripurna yang berakhlak terpuji, bermoral baik, serta tentu saja beriman dan bertakwa kepada Allah Swt. Pendidikan akhlak dalam hal ini sangat penting untuk ditanamkan sejak dini terutama dalam melibatkan anak-anak sebagai benih bangsa yang diharapkan berkecambah, menjadi tunas, dan akhirnya hadir sebagai sosok utuh yang memberi sumbangsih berarti. Kegunaan penelitian ini diharapkan hadir sebagai sumbangan ilmiah berupa konsep pendidikan akhlak anak integral yang bisa diterapkan pada lembaga-lembaga terkait, seperti pendidikan anak usia dini, madrasah, sekolah dan sebagainya Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan obyek penelitian kitab Ayyuhal-Walad dan didukung oleh beberapa buku lain. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan filosofis. Sedangkan analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Dengan fokus kajian yang dibahas dalam penelitian ini adalah Konsep Pendidikan Akhlak Anak Menurut Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuhal-Walad. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kitab Ayyuhal-Walad, Al-Ghazali menekankan pentingnya nilai spiritualitas dalam pendidikan. Diawali dengan niat, Al-Ghazali mengarahkan dengan tegas untuk meniatkan belajar sebagai ikhtiar menghidupkan spirit ajaran Rasulullah Saw. Pengetahuan yang didapat dari proses belajar pun perlu diamalkan agar ilmu tersebut mampu mendorong kepada ketaatan dan mencegah dari kemaksiatan. (1) Konsep pendidikan akhlak anak menurut Al-Ghazali adalah (a) tidak boleh melepaskan diri dari tujuan pengutusan Rasul; (b) nilai kesempurnaan manusia; (c) terciptanya relasi holistik guru dan murid; dan (d) nilai ilmu sebagai sarana taqarrub kepada Allah. (2) adapun metode Al-Ghazali dalam mendidik muridnya yaitu (a) menggunakan metode yang mengaplikasikan nilai-nilai ajaran Nabi Saw; (b) melatih kecerdasan spiritual; (c) kontinuitas pembelajaran; (d) penggemblengan spiritualitas murid melalui riyadhah, dan perintah menjaga adab dengan mursyid. Kata kunci: Al-Ghazali, pendidikan akhlak anak, kitab Ayyuhal-Walad PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - Al-Ghazali KW - pendidikan akhlak anak KW - kitab Ayyuhal-Walad M1 - skripsi TI - KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK MENURUT Al-GHAZALI DALAM KITAB AYYUHAL-WALAD AV - restricted EP - 104 ER -