TY - UNPB ID - digilib10057 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10057/ A1 - WAHYU WIDODO, NIM. 08390089 Y1 - 2012/12/04/ N2 - Perkembangan dan pertumbuhan BMT di Wonosobo dalam beberapa tahun terakhir cukup pesat. Dua dekade terakhir ini sudah ada sedikitnya 10 BMT yang berdiri di Wonosobo. Fenomena ini tentunya menimbulkan persaingan antar BMT semakin ketat. BMT dituntut untuk bekerja keras untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada anggotanya agar tidak berpindah ke BMT pesaing. Hal ini juga dialami oleh BMT Marhamah Wonosobo. BMT Marhamah dituntut untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan agar tetap eksis dan mampu bersaing dengan BMT lain yang ada Di Wonosobo. Kepuasan anggota merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan sebuah BMT. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh produk, tarif jasa, tangible, responsiveness, assurance, emphaty dan reliability terhadap kepuasan anggota. Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap 100 anggota BMT Marhamah Wonosobo, yang diperoleh dengan menggunakan accidental sampling, kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian secara hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi yang terlihat pada nilai Adjusted R Square sebesar 0,563 yang berarti bahwa kepuasan anggota pengaruhnya dapat dijelaskan oleh ketujuh variabel independen yaitu produk, tarif jasa, tangible, responsiveness, assurance, emphaty dan reliability sebesar 56,3%, dan sisanya yaitu 43,7% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Secara parsial berdasarkan hasil uji t variabel tarif jasa dan reliability berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota. Sementara, produk, tangible, responsiveness, assurance dan emphaty postif dan tidak signifikan terhadap kepuasan anggota. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel dalam penelitian ini yaitu produk, tarif jasa, tangible, responsiveness, assurance, emphaty dan reliability, berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota. PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - kepuasan anggota KW - produk KW - tarif jasa KW - tangible KW - responsiveness KW - assurance KW - emphaty dan reliability M1 - skripsi TI - PENGARUH PRODUK, TARIF JASA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) MARHAMAH WONOSOBO AV - restricted ER -