%0 Thesis %9 Skripsi %A KHAMIM, NIM. 08410273 %B UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %D 2012 %F digilib:10079 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %K power point, pembelajaran PAI %T EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS X SMA NEGERI 3 BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10079/ %X KHAMIM. Efektivitas penggunaan media power point dalam pembelajaran PAI di kelas X SMA Negeri 3 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMA Negeri 3 Bantul dan juga menganalisis efektivitas penggunaan media power point dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMA Negeri 3 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan subyek penelitian ini adalah SMA Negeri 3 Bantul. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah dan siswa-siswi kelas X SMA Negeri 3 Bantul. Pelaksanaan tindakan penelitian ini mengetahui bagaimana pelaksanaan program pembelajaran PAI di kelas X dan juga efektivitas penggunaan media power point dalam pembelajaran PAI. Instrument yang digunakan selama pengumpulan data adalah lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data dan mereduksinya menjadi sebuah kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dalam pembelajaran PAI di kelas X SMA Negeri 3 Bantul terdapat tiga komponen utama yang saling berpengaruh satu sama lain, yaitu: Kondisi pembelajaran, Metode Pembelajaran dan Hasil Pembelajaran (2) Penggunaan media power point dalam pembelajaran PAI di kelas X SMA Negeri 3 Bantul dilihat dari segi aspek keefektivan yaitu yaitu aspek tujuan atau fungsi, aspek rencana atau program, aspek ketentuan atau aturan, aspek tujuan atau kondisi ideal, maka dari kesemua aspek tersebut pembelajaran PAI menggunakan media power point dalam kategori efektif. (3) Media pembelajaran mempunyai empat fungsi, yaitu fungsi atensi, fungsi afektif, fungsi kognitif dan fungsi kompensatortis. Power point sebagai media pembelajaran apabila diukur dengan ke empat fungsi tesebut dapat dikatakan cukup efektif dalam pebelajaran PAI di Kelas X SMA Negeri 3 Bantul.