@phdthesis{digilib10087, month = {August}, title = {LIFE SKILLS SEBAGAI BAGIAN PENDIDIKAN PESANTREN (TELAAH ATAS PENDIDIKAN VOKASIONAL SKILLS DI PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT LAMONGAN JAWA TIMUR ) }, school = {PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08410236 LUK LUK JAUWAHIRIYAH}, year = {2012}, keywords = {life skill, pendidikan, agama islam}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10087/}, abstract = {LUK LUK JAUWAHIRIYAH. Life Skills Sebagai Bagian Pendidikan Pesantren (telaah atas pendidikan vokasional skills di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan Jawa Timur). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya orang yang mengenyam pendidikan baik sekolah formal maupun non formal setidaknya mempunyai keterampilan tentang kehidupan yang dihadapinya terutama dalam dunia kerja. Nyatanya masih banyak pengangguran dikalangan terdidik baik yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan formal maupun non formal yang masih belum terpakai serta masih banyaknya lembaga pendidikan yang diintervensikan dengan perkantoran dan PNS, serta masih adanya keraguan di dunia kerja tentang output yang dikeluarkan pesantren. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang ?Life Skills Sebagai Bagian Pendidikan Pesantren (Telaah atas Pendididkan Vokasional Skills di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan Jawa Timur? yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana pelaksanaan pendidikan life sills yang berorientasi pada vokasional skills di Pondok Pesantren Sunan Drajat,bagaimana hasil pelaksanaan pendidikan life skills yang berorientasi pada vokasional skills di Pondok Pesantren Sunan Drajat. Namun dalam penelitian ini hanya penulis batasi pada unit-unit usaha yang ada di Pondok Pesantren Sunan Drajat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan life skill yang diterapkan sebagai bekal masa depan santri. Adapun pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan Antropologi yakni tentang manusia dan perubahannya. Metode yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan penelitian yaitu dengan meode kualitatif deskriptif reserch. Pengambilan data yang dilakukan dengan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Sunan Drajat merupakan pondok pesantren yang membekali santri dengan keterampilan vokasional melalui unit-unit usaha yang dirintis pondok pesantren sebagai wacana kedepan dan sekaligus mampu memberikan motifasi kepada para santri untuk menjadi manusia yang mempunyai jiwa kewirausahaan yang mampu memasuki berbagai link kehidupan masyarakat dengan cara pelatihan, training, saling belajar dan mengajari antar santri,meneladani sosok Kyai, Selain itu juga menghasilkan berbagai produk yang di kelola oleh pondok pesantren seperti, jus mengkudu, airminum AIDRAT, pupuk, seragam, meubel, minyak kayu putih, pedaging yang unggul dari hewan ternak serta lulusan yang mempunyai jiwa produktif. } }