@phdthesis{digilib10089, month = {August}, title = {STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS MUTAWASSITIN DI PUSAT BAHASA, BUDAYA DAN AGAMA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA }, school = {PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM.08420106 LUTHFI QORIATUL HASANAH }, year = {2012}, keywords = {strategi pembelajaran, pembelajaran bahasa arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10089/}, abstract = {Luthfi Qoriatul Hasanah. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Kelas Mutawasitin Di Pusat Bahasa, Budaya Dan Agama Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi. Fakultas tarbiyah dan keguruan UIN sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan strategi pembelajaran yang diterapkan pada kelas menengah mutawassitin diPusat Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, serta asumsi dasar yang melandasi pemilihan strategi-strategi tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu para pendidik untuk memilih dan menerapkan strategi yang tepat untuk peserta didik mereka dalam pembelajaran bahasa arab. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, objek penelitian ini adalah dosen yang mengajar di Pusat Bahasa pada kelas level menengah atau mutawassitin sebanyak dua dosen dengan dua kelas, yakni kelas J dan Kelas M. Pengambilan data dilakukan dengan (a) metode observasi (b) wawancara (c) dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Bedasarkan analisis terhadap data penelitian, strategi pembelajaran yang dipakai di kelas mutawassitin adalah: (a)strategi aktif, (b)strategi komunikatif, dan (c)strategi semantik, dan masuk dalam jenis strategi pembelajaran langsung yaitu pembelajaran yang banyak diarahkan oleh guru dan strategi pembelajaran interaktif dimana proses pembelajaran diisi dengan diskusi dan sharing antar peserta didik yang dibentuk sebagai kelompok-kelompok. Sedangkan asumsi dasar yang melandasi penggunaan strategi tersebut: (a) Tujuan Bahasa adalah untuk berkomunikasi, (b) Belajar bahasa secara utuh, (c)Bahasa Arab adalah Bahasa al Quran, (d) belajar bahasa harus sesuai dengan latar belakang peserta didik Kata Kunci: strategi pembelajaran, pembelajaran bahasa arab. } }