eprintid: 10094 rev_number: 33 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/01/00/94 datestamp: 2014-03-11 06:14:55 lastmod: 2017-01-18 02:43:15 status_changed: 2014-03-11 06:14:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: INDRA NOVITA, NIM. 08480081 title: UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) KELAS V MI SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Numbered Heads Together (NHT), Keaktifan, Prestasi Belajar, Matematika abstract: Indra Novita. Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) kelas V MI Sultan Agung Depok Sleman Yogyakarta. Program studiPendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahFakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalahmatematika sebagai salah satu pelajaran di sekolah cukup memegang peranan penting dalam membentuk siswa menjadi berkualitas, karena matematika merupakan suatu sarana berfikir untuk mengkaji segala sesuatu secara logis dan sistematis. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kualitas pendidikan di bidang matematika. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah peningkatan hasil belajar matematika siswa di sekolah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Sultan Agung yang berjumlah 24 siswa. Obyek penelitiannya adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together untuk mengetahui keaktifan dan prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dua pertemuan dan siklus II tiga pertemuan. Data penelitian yang diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran, hasil wawancara, angket, hasil tes dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan untuk menghitung data menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan untuk keaktifan siswa mengalami peningkatan yaitu dilihat dari angket keaktifan, untuk pra tindakanpersentasenya sebesar 71,87%, siklus I sebesar 72,65% dan mengalami peningkatan sebesar 76,38%. Selain itu untuk juga dapat dilihat peningkatan keaktifan dari lembar observasi keaktifan tiap kelompok yaitu untuk siklus I persentasenya sebesar 74,70% dan meningkat pada siklus II sebesar 80,95%. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Untuk pra penelitian peneliti mengambil nilai tugas yang nilai rata-rata 67,87 yang memenuhi nilai KKM dengan persentase sebesar 58,33% (14 siswa yang tuntas). Sedangkan pada siklus I dari hasil tes evaluasi siswa nilai rata-ratanya sebesar 72,5 dengan siswa yang memenuhi KKM dengan persentase sebesar 70,83% (17 siswa yang tuntas) meningkat pada siklus II menjadi 73,75 dengan siswa yang memenuhi KKM dengan persentase sebesar 75% (18 siswa yang tuntas) date: 2012-08-04 date_type: published institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: INDRA NOVITA, NIM. 08480081 (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) KELAS V MI SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10094/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10094/2/BAB%20II%2C%20III.pdf