eprintid: 10098 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/01/00/98 datestamp: 2014-03-11 08:08:34 lastmod: 2017-04-07 08:50:15 status_changed: 2014-03-11 08:08:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IMAM MUL HAKIM, NIM. 08420145 title: ‘ADAD DAN MA‘DUD DALAM BAHASA ARAB SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA (ANALISIS KONTRASTIF) ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: analisis kontrastif, kata bilangan, bahasa arab, bahasa indonesia abstract: IMAM MUL HAKIM. Kata Bilangan dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia serta Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Analisis Kontrastif). Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam proses belajar bahasa kedua tidak dapat dilepaskan dari pengaruh bahasa pertama yang telah dimiliki oleh seseorang. Analisis tentang hubungan antara bahasa pertama dengan bahasa kedua menjadi perlu dilakukan untuk mempermudah proses pembelajaran bahasa kedua. Penelitian ini mengkaji masalah gramatika yang memfokuskan pada kajian kata bilangan dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Adapun tujuan penyusunan skripsi ini untuk mengkaji persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan kata bilangan dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia serta memprediksi kesulitan-kesulitan yang timbul dari perbedaan kedua struktur bahasa tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, tepatnya adalah studi pustaka atau literatur. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumentasi (library research), yakni pengumpulan data yang berkaitan dengan tema dari buku-buku literatur. Data diolah dengan menggunakan metode deskriptif dari segi penyajiannya dan metode analisis kontrastif dari segi analisis. Analisis kontrastif adalah sebuah pendekatan pengajaran bahasa kepada peserta didik bilingual maupun multilingual. Dengan xvi adanya analisis tersebut, diharapkan pengajar maupun peserta didik dapat lebih mudah dalam melakukan proses belajar mengajar bahasa dan mampu meminimalisir kesulitan yang muncul dalam memahami dan menggunakan bahasa yang dipelajari. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan antara kata bilangan dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia serta kesulitan-kesulitan yang muncul dari perbedaan-perbedaan tersebut yang telah dianalisis pada bagian pembahasan. Penyebab kesulitan dikarenakan adanya perbedaan struktur kata bilangan baik dalam bahasa Arab maupun dalam bahasa Indonesia serta adanya interferensi kaidah bahasa Indonesia sebagai bahasa pertama terhadap bahasa Arab sebagai bahasa kedua. date: 2012-08-04 date_type: published institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: IMAM MUL HAKIM, NIM. 08420145 (2012) ‘ADAD DAN MA‘DUD DALAM BAHASA ARAB SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA (ANALISIS KONTRASTIF). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10098/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10098/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf