eprintid: 10100 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/01/01/00 datestamp: 2014-03-12 05:51:40 lastmod: 2014-03-12 05:51:40 status_changed: 2014-03-12 05:51:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: M ZAINUL ARIFIN, NIM. 06410008 title: PELAKSANAAN PENILAIAN BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SMP BUDI MULIA 2 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: pendidikan agama, akademik, nilai pembelajaran abstract: M Zainul Arifin, Pelaksanaan Penilaian Berbasis Kelas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VII SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam dan Keguruan Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2012. ` Dengan adanya Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Dan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan membawa implikasi tentang perubahan kurikulum, pembelajaran dan penlaian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penilaian berbasis kelas (PBK) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, bagaimana hasil dari pelaksanaan penilaian berbasis kelas, dan apakah yang menjadi faktor penghambat pelaksanaan penilaian berbasis kelas pada Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini mengambil kelas VII di SMP Budi Mulia Dua dengan jumlah 25 siswa, sedangkan metode pengumpulan yang penulis gunakan adalah: (1) metode interview (wawancara), ((2) metode observasi atau pengamatan, (3) metode analisa data dan (3) metode dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pelaksanaan dan hasil penilaian serta faktor-faktor penghambat penilaian berbasis kelas di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini dapat kami simpulkan bahwa, (1) Pelaksanaan penilaian berbasis kelas di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta pada aspek afektif menggunakan bentuk observasi perilaku dengan kriteria pelaksanaan cukup, aspek psikomotorik menggunakan bentuk observasi keterampilan dengan kriteria pelaksanaan sangat baik. Pada aspek kognitif ada empat bentuk penilaian: pertama menggunakan bentuk penilaian mid semester dengan kriteria pelaksanaan baik. Kedua ulangan harian, tugas kelompok, uji kompetensi kriteria pelaksanaan Ketiganya baik. keempat, kuis tugas individu dengan kriteria pelaksanaan keduanya cukup. (2) hasil penilaian berbasis kelas pada aspek afeksi melalui penilaian sikap/perilaku dengan hasil penilaian sudah baik, aspek psikomotorik melalui penilaian keterampilan hasil penelitian sangat baik, dan aspek kognitif penilaian melalui uji kompetensi dengan hasil penilaian cukup, sedangkan mid semester hasil penilaian cukup, ulangan harian hasil penilaian baik, tugas satu hasil penilaian baik dan hafalan hasil penilaian sangat baik (3) faktor penghambat penilaian berbasis kelas berasal dari faktor ekternal dan internal adapun faktor eksternal dari sekolah dan guru, sedangkan faktor internal berasal dari dalam diri siswa yaitu: minat dan motivasi. date: 2012-08-03 date_type: published institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi citation: M ZAINUL ARIFIN, NIM. 06410008 (2012) PELAKSANAAN PENILAIAN BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SMP BUDI MULIA 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10100/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10100/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10100/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10100/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10100/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10100/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10100/11/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10100/12/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10100/13/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10100/14/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10100/17/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10100/18/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10100/19/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10100/20/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10100/21/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10100/22/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10100/23/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10100/24/small.jpg