@phdthesis{digilib10101, month = {August}, title = {KORELASI ANTARA PENILAIAN SISWA TERHADAP KINERJA GURU FIQIH DENGAI{$\backslash$} PRESTASI BELAJAR SISWA MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08410242 IIS MASIKAH}, year = {2012}, keywords = {Korelasi-Penilaian-Kinerja Guru Fiqih-Prestasi Belajar Siswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10101/}, abstract = {IIS MASIKAH. Korelasi Antara Penilaian Siswa Terhadap Kinerja Guru Fiqih Dengan Prestasi Belajar Siswa MAN Pakem Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa idealnya peserta didik yang memiliki prestasi belajar Fiqih bagus ia juga memiliki penilaian yang baik terhadap kine\{a guru mata pelajaran Fiqih. Namun pada kenyataannya ada siswa yang memiliki prestasi belajar bagus, akan tetapi penilaian siswa terhadap kinerja guru kurang bagus, begitu pun sebaliknya. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang hubungan antara penilaian siswa terhadap kine\{a guru Fiqih dengan prestasi belajar siswa. Yang menjadi permasalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimana penilaian siswa terhadap kinerja guru Fiqih, bagaimana prestasi belajar siswa dan bagaimana korelasi antara penilaian siswa terhadap kinerja guru Fiqih dengan prestasi belajar siswa MAN Pakem Sleman Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Pakem Sleman Yogyakarta sebanyak 126 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis instrument meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisi validitas menunjukkan dari 25 butir angket terdapat 24butir terbukti valid, sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisiensi reliabilitas sebesar 0,816 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) penilaian siswa terhadap kinerja guru Fiqih termasuk dalam kategori cukup baik. (2) Prestasi belajar siswa kelas X MAN Pakern Sleman Yogyakarta dalam mata pelajaran Fiqih berada dalam kategori cukup baik dengan skor 75-80. (3) dari hasil perhitungan menggunakan analisis korelasi Product Moment menghasilkanrxy -0,104. Dts-N-nr; 126-2:124. Dalam tabel r product moment tidak dijumpai df sebesar 124; karena itu peneliti menggunakan df yang terdekat yaitu sebesar 125, diperoleh r tabel pada taraf signifikansi SYo: 0,174 dan pada taraf signifikansi 1\% sebesar 0,230. Setelah dikonsultasikan dengan tabel r maka dapat disimpulkan bahwa rhitunslrtabet 5\% dan t\% -0,104{\ensuremath{<}}0,174 dan -0,104{\ensuremath{<}}0,230. Dengan demikian hipotesis nol diterima/disetujui. Berarti tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara penilaian siswa terhadap kinerja guru Fiqih dengan prestasi belajar siswa MAN Pakem Sleman Yogyakarta} }