relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10103/ title: KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN WARUNGBOTO YOGYAKARTA creator: IDHAM PANJI PURNOMO, NIM. 07410263 subject: Pendidikan Agama Islam description: IDHAM PANJI PURNOMO. Kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam dan motivasi belajar siswa di SDN Warungboto Yogyakarta. Skripsi Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah sebuah kehawatiran dunia pendidikan tentang perkembangan peserta didik dalam setiap mengikuti mata pelajaran di sekolah. Siswa yang seharusnya mengikuti pembelajaran di sekolah dengan baik dan selalu fokus pada pelajaran dapat berubah menjadi siswa yang tidak menerima pelajaran karena ada faktor-faktor yang mengganggu siswa dan menimbulkan siswa tidak siap dalam menerima pelajaran di sekolah. Kompetensi sosial guru sangat diperlukan untuk selalu membuat siswa termotivasi untuk belajar dan kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk mendukung pendidikan. Yang menjadi permasalahan ialah seperti apa kompetensi sosial guru PAI SDN Warungboto Yogyakarta, bagaimana motivasi siswa dan upaya seperti apa yang dilakukan guru PAI dan pihak sekolah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru di SDN Warungboto Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) tepatnya penelitian deskriptif. Penelitian ini menerapkan pola berfikir induktif. Yang menjadi sumber utama dalam penelitian ini adalah guru PAI dan seluruh siswa yang menjadi sumber pendukung adalah kepala sekolah, guru lain dan masyarakat. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan:(1) Kompetensi sosial guru PAI SDN Warungboto Yogyakarta dalam mengajar siswa dapat dilihat dari cara guru PAI mengajar yaitu dengan memiliki kemampuan dengan metode dari hati ke hati, guru menjadikan dirinya suri tauladan bagi siswa, melaksanakan tugas dengan kasih sayang, adil serta menumbuhkan dengan penuh tanggung jawab, menjunjung tinggi harga diri siswa dan tidak memberikan pelajaran tambahan dengan memungut bayaran. Hubungan dengan masyarakat dan tugasnya di sekolah guru PAI sudah melaksanakan tugas sesuai dengan kemampuannya.(2) motivasi siswa dibagi menjadi dua yaitu intrinsik dan ekstrinsik. indikatorindikator motivasi siswa dalam belajar PAI yaitu adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, memiliki harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar dan lingkungan belajar yang kondusif. Menumbuhkan motivasi siswa yaitu memberikan angka, hadiah, saingan atau kompetisi, menumbuhkan kesadaran pada siswa, memberikan ulangan, mengetahui hasil, pujian, hukuman, hasrat untuk belajar, minat dan tujuan yang diakui.(3) upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru PAI sudah baik yaitu dengan cara mengadakan pengawasan (monitoring), mengadaka rapat evaluasi, work shop, studi banding dan kunjungan guru antar sekolah. Upaya guru PAI yaitu dengan meningkatkan komunikasi, saling menghormati dan menghargai, dan selalu membantu dan mengikuti kegiatan masyarakat serta bergaul sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat. date: 2012-08-04 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10103/2/BAB%20II%2C%20III.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10103/3/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10103/6/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10103/7/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10103/8/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10103/9/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10103/12/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10103/13/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10103/14/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10103/15/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10103/18/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10103/19/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10103/20/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10103/21/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10103/22/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10103/23/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10103/24/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10103/25/small.jpg identifier: IDHAM PANJI PURNOMO, NIM. 07410263 (2012) KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN WARUNGBOTO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.