eprintid: 10108 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/01/01/08 datestamp: 2014-03-12 05:51:51 lastmod: 2014-03-12 05:51:51 status_changed: 2014-03-12 05:51:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MARWAN, NIM. 08410226 title: TATA TERTIB SEKOLAH SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: public keywords: tata tertib sekolah, akhlaq siswa abstract: MARWAN. Tata tertib Sekolah Sebagai Sarana Pembentukan Akhlak Siswa SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah ini adalah bahwa zaman yang semakin berkembang diikuti dengan merosotnya akhlak yang ditandai dengan maraknaya penyimpangan yang dilakukan oleh para remaja. Untuk mencegah maraknya penyimpangan yang dilakukan oleh remaja perlu adanya sarana yang dapat membatasi gerak mereka untuk melakukan hal-hal yang negatif. Sarana tersebut salah satunya adalah tata tertib sekolah, dengan pembiasaan mentaati tata tertib sekolah secara berlahan akan membentuk sikap dan karakter siswa sehingga siswa menjadi insan yang memiliki akhlak yang mulia. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan tata tertib sebagai sarana pembentukan akhak siswa SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, Apakah hasil dari pelaksanaan tata tertib dapat membentuk akhlak siswa SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, dan Apa kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan tata tertib sebagai sarana pembentukan akhlak siswa SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji proses pelaksanaan tata tertib sekolah sebagai sarana pembentukan akhlak siswa, hasil dari pelaksanaan tata tertib dan hambatan dalam pelaksanaan tata tertib sekolah di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar IT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pola pikir induktif yaitu cara menarik kesimpulan dengan berangkat dari fakta-fakta yang khusus menuju kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan tata tertib di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta yang dapat mempengaruhi aklak siswa diantaranya, kewajiban untuk mengikuti semua kegiatan keagamaan/beribadah, penanaman sikap disiplin di sekolah, penanaman sikap sopan santun, rasa tanggung jawab, membentuk rasa percaya diri dan rasa nasionalisme. (2) Dengan pembiasaan mentaati tata tertib sekolah hasilnya akan membentuk akhlak siswa, hal itu dapat terlihat akan kesadaran siswa untuk beribadah dan juga bertingkah sopan santun ketika bertemu dengan seseorang, kesadaran untuk peduli terhadap lingkungan sekitar, menciptakan hubungan yang harmonis antara guru dan siswa dan meningkatkan kedisiplinan. Semua hal itu memang ada di dalam peraturan sekolah yang tujuannya untuk membentuk akhlak siswa agar menjadi insan yang berakhlakul karimah. (3) Dalam pelaksanaan tata tetib sekolah sebagai sarana pembentukan akhlak siswa tentunya ada beberapa faktor pendukung dan juga penghambat, diantara faktor pendukung yaitu adanya kesamaan visi misi para pendidik untuk menegakkan tata tertib sekolah serta taudan yang dicontohkan oleh pendidik kepada siswa. Adapun faktor penghambatnya, yaitu adanya latar belakang keluarga siswa yang berbeda-beda, siswa yang memilki pandangan yang berbeda-beda dalam menanggapi tata tertib sekolah dan juga perkembangan siswa yang masih berada pada masa menginjak remaja yang masih mencari jati diri sehingga biasanya ingin merasa dipandang oleh orang lain. date: 2012-08-03 date_type: published institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi citation: MARWAN, NIM. 08410226 (2012) TATA TERTIB SEKOLAH SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10108/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10108/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10108/5/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10108/6/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10108/7/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10108/8/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10108/9/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10108/10/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10108/11/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10108/12/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10108/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10108/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10108/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10108/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10108/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10108/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10108/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10108/22/small.jpg