eprintid: 10111 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/01/01/11 datestamp: 2014-03-12 02:43:00 lastmod: 2017-04-06 08:59:10 status_changed: 2014-03-12 02:43:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AGUNG ARIWIBOWO, NIM. 08420129 title: EFEKTIFITAS ECLECTIC METHOD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: electic method, bahasa arab abstract: Agung Ariwibowo, 08420129, Efektifitas Eclectic Method Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XI MAN Wonokromo Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab di MAN Wonokromo Bantul. Disamping itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauhmana keefektifan penggunaan metode campuran dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI MAN Wonokromo Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan). Subyek penelitian ini adalah siswa, guru, kepala sekolah, dan TU (Tata Usaha). Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara, angket dan dokumentasi. Selanjutnya untuk teknis analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan dengan menggunakan analisa deskriptifkualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di MAN Wonokromo Bantul secara umum memiliki tujuan agar peserta didik memiliki kemampuan dalam membaca, menyimak, menulis, dan berbicara, menggunakan bahasa Arab sehingga ia dapat memahami teks-teks Arab serta sumber-sumber ajaran Islam yang menggunakan bahasa Arab. Dan penggunaan metode campuran dalam pembelajaran bahasa Arab kelas XI MAN Wonokromo Bantul dapat disimpulkan efektif . efektifitas tersebut terlihat ketika tujuan waktu pembelajaran tercapai, materi dapat disampaikan dengan tepat, ketersediaan media dan waktu pembelajaran yang memadai, serta adanya kondusifitas pembelajaran di kelas. Metode campuran juga memiliki tingkat efektifitas yang signifikan untuk mencapai tujuan kemampuan membaca, menulis, menyimak, berbicara dan memahami teks-teks atau literatur yang berbahasa Arab. date: 2012-08-05 date_type: published institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: AGUNG ARIWIBOWO, NIM. 08420129 (2012) EFEKTIFITAS ECLECTIC METHOD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10111/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10111/2/BAB%20II%2C%20III.pdf