eprintid: 10112 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/01/12 datestamp: 2014-02-05 01:39:55 lastmod: 2014-02-05 01:39:55 status_changed: 2014-02-05 01:39:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUGROHO SUMARYANTO, NIM. 05410173 title: TELAAH PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG TENTANG KONSEP KREATIVITAS DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag. abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya pendidikan merupakan sarana menumbuhkembangkan kreativitas peserta didik. Namun kenyataannya masih terdapat praktik pendidikan yang tidak memberi ruang dan batuan kepada peserta didiknya dalam menumbuhkembangkan kreativitasnya. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pengembangan kreativitas dalam pendidikan, khususnya pendidikan Islam. yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana konsep kreativitas perspektif Hasan Langgulung, apakah relevansi konsep kreativitas perspektif Hasan Langgulung dengan Pendidikan Islam. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep kreativitas perspektif Hasan Langgulung dan untuk mengetahui relevansi konsep kreativitas perspektif Hasan Langgulung dengan Pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research) dengan melakukan identifikasi terhadap data-data tentang konsep kreativitas dalam perspektif Hasan Langgulung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis historis, yaitu suatu penelitian yang tekanannya ditujukan untuk mengemukakan nilai-nilai universal dan mendasar dari suatu ajaran atau objek yang diteliti, serta didukung oleh datadata historis yang dapat dipercaya. Metode / teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (Content Analysis), yaitu investigasi tekstual melalui analisis ilmiah terhadap isi pesan suatu komunikasi, khususnya isi pesan komunikasi sebagaimana terungkap dalam media cetak koran atau buku yang memuat tentang konsep kreativitas perspektif Hasan Langgulung. Hasil penelitian menunjukan: 1) Konsep kreativitas menurut Hasan Langgulung berhubungan dengan ajaran Islam. Kreativitas adalah salah satu potensi laten manusia yang dianugrahkan Allah SWT. kepada manusia yang merupakan modal dalam menjalankan amanah mengemban tugas sebagai ‘abd Allah dan khalifah fi al-ard. 2) pengembangan kreativitas sangat erat kaitannya dengan penyelenggaraan pendidikan, terutama dalam pendidikan Islam. Pendidikan Islam merupakan suatu proses yang secara sadar dan terencana terhadap peserta didik yang mencakup aktualisasi potensi (fitrah), termasuk potensi berupa kreativitas, dan internalisasi nilai-nilai Islami melalui pengajaran, pembiasaan, bimbingan, dan pengawasan. Keberhasilan dalam pengembangan kreativitas tergantung kepada bagaimana pendidikan (Islam) dapat memberikan ruang dan menciptakan suatu atmosfer pengembangan kreativitas peserta didik. Penyelenggaraan pendidikan pun harus fleksibel, kreatif, visioner, dan inovatif. date: 2013-07-22 date_type: published pages: 85 institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: FAK. TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: NUGROHO SUMARYANTO, NIM. 05410173 (2013) TELAAH PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG TENTANG KONSEP KREATIVITAS DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10112/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10112/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10112/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10112/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10112/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10112/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10112/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10112/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10112/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10112/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10112/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10112/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10112/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10112/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10112/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10112/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10112/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10112/22/small.jpg