<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN)"^^ . "Ahmad Wahidillah Agung P. Komparasi Konsep Kebebasan Manusia\r\nMenurut John Dewey dan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi (Perspektif Filsafat\r\nPendidikan). Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas\r\nIslam Negeri Sunan Kalijaga. 2012.\r\nPenelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan saat ini masih saja\r\nmelakukan penindasan dan pengekangan terhadap peserta didik dengan\r\nmemberlakukan peraturan yang ketat dan sistem pembelajaran yang teacher centred.\r\nHal ini mengakibatkan peserta didik tidak mempunyai kebebasan dalam\r\nmengembangkan bakat dan potensi yang dimilikinya. Sehingga tujuan dalam\r\npenelitian ini adalah : (1) menjelaskan gagasan John Dewey dan Muhammad Athiyah\r\nAl-Abrasyi tentang konsep kebebasan manusia dalam perspektif filsafat pendidikan;\r\n(2) menjelaskan komparasi dari gagasan kedua tokoh yang kemudian diharapkan\r\nmemberikan gambaran alternative tentang pendidikan yang konstruktif dalam\r\nmengembangkan pendidikan yang berlandaskan kepada kebebasan peserta didik.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan\r\nmenggunakan pendekatan filosofis-historis. Penelitian ini bersifat deskriptifkomparatif-\r\nanalitik yang bersumber pada pemikiran John Dewey dan Muhammad\r\nAthiyah Al-Abrasyi, maka dalam menganalisa data menggunakan teknik analisis\r\nkualitatif.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan : (1) menurut John Dewey kebebasan manusia\r\nmerupakan sebuah kondisi dimana manusia mampu memerintah dirinya sendiri tanpa\r\nmengikuti desakan orang lain, terlepas dari kekangan-kekangan yang mengikat, serta\r\nselalu berusaha sesuai dengan apa yang menjadi bakat dan kemampuannya.\r\nKebebasan menurutnya ada beberapa macam, yaitu : pertama, kebebasan berpikir\r\nartinya tidak ada yang menghalangi pikiran bekerja. Kedua, kebebasan intelegensi\r\nyaitu kebebasan untuk melakukan observasi dan pertimbangan yang dilakukan atas\r\nnama sejumlah tujuan yang pada hakikatnya berharga. Ketiga, kebebasan berbicara\r\n(menyampaikan pendapat). Keempat, kebebasan bergerak (bertindak dalam\r\neksperimen). Menurut Al-Abrasyi, kebebasan merupakan keberanian mengambil\r\nsikap untuk tidak mengikuti apa yang telah menjadi pertimbangan orang lain, yang\r\npada intinya, manusia harus percaya dan berpegang teguh pada kemampuan diri\r\nsendiri (fitrah). (2) Kalangan progressive memberi kebebasan peserta didik untuk\r\nbersikap dan berbuat sesuai dengan cara dan kemampuannya masing-masing dalam\r\nusaha meningkatkan kecerdasan dan daya kreasi. Di dalam filsafat pendidikan Islam,\r\npeserta didik diberi kebiasaan bebas dan mendidiknya dengan pendidikan\r\npembebasan agar peserta didik mempunyai kemampuan untuk menentukan hidupnya\r\ntanpa harus bergantung dengan orang lain (3) Komparasi dari konsep Dewey dan Al-\r\nAbrasyi bisa dilihat dari persamaan dan perbedaannya. Persamaanya secara eksplisit\r\nbisa dilihat dari prinsip kebebasan yang menghargai independensi manusia dan\r\nmewujudkan pendidikan yang humanis. Perbedaannya terletak pada tujuan dan\r\norientasi kebebasan tersebut serta pada proses pembelajaran dan pembatas kebebasan\r\ntersebut"^^ . "2012-08-05" . . . . . . . . . . . . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08470006"^^ . "AHMAD WAHIDILLAH AGUNG P."^^ . "NIM. 08470006 AHMAD WAHIDILLAH AGUNG P."^^ . . . . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Text)"^^ . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . . . . "KOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA\r\nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI\r\n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #10125 \n\nKOMPARASI KONSEP KEBEBASAN MANUSIA \nMENURUT JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI \n(PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN)\n\n" . "text/html" . . . "Kependidikan Islam"@id . .