relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10131/ title: KETERAMPILAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENGADAKAN VARIASI PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN KALIJAGA SERUT, GEDANGSARI, GUNUNGKIDUL creator: AINI QOLBIYATI, NIM. 08410168 subject: Pendidikan Agama Islam description: AINI QOLBIYATI. Keterampilan Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran di MTs Sunan Kalijaga Serut, Gedangsari, Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pembelajaran yang bervariasi akan memberikan ketertarikan peserta didik terhadap pembelajaran. Di MTs Sunan Kalijaga, sarana fisik yang mendukung pembelajaran masih sangat minim, khususnya pada media pembelajaran. Sehingga untuk membuat pembelajaran tidak membosankan, seorang guru harus memiliki kemampuan yang terampil memvariasikan segala sumber pembelajaran yang ada. Keterampilan Guru SKI dalam mengadakan variasi pembelajaran merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan untuk mewujudkan pembelajaran SKI yang variatif dan tidak membosankan. Oleh karena itu, perlu diadakannya penelitian mengenai keterampilan guru SKI dalam mengadakan variasi pembelajaran di MTs Sunan Kalijaga. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana proses pembelajaran SKI yang diselenggarakan di MTs Sunan Kalijaga, dan bagaimana keterampilan guru SKI dalam mengadakan variasi pmbelajaran di MTs Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang proses dan variasi pembelajaran SKI yang diadakan oleh guru SKI di MTs Sunan Kalijaga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai tolak ukur bagi sekolah dalam melihat sejauh mana pelaksanaan dan keberhasilan varisasi pembelajaran yang diselenggarakan oleh guru SKI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Sunan Kalijaga Serut, Gedangsari, Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data diakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi yaitu trianggulasi sumber, teknik, waktu, dan teori. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dalam pembelajaran SKI di MTs Sunan Kalijaga, guru SKI telah menyelenggarakannya dengan memulai pembelajaran, mengelola kegiatan pembelajaran, mengorganisasi waktu, siswa, dan fasilitas belajar, melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar, dan mengakhiri pembelajaran. Secara keseluruhan guru tersebut sudah mampu menyelenggarakan proses belajar-mengajar sesuai dengan beberapa indikator yang telah ditentukan. 2) Guru SKI di MTs Sunan Kalijaga telah mengadakan variasi gaya mengajar pada setiap pembelajaran yang diselenggarakannya. Sedangkan pada variasi media dan pola interaksi kegiatan siswa, guru tidak selalu mengadakannya dalam pembelajaran yang diselenggarakannya. Variasi gaya mengajar yang diadakan oleh guru SKI di MTs Sunan Kalijaga kurang maksimal dalam hal kesenyapan atau kebisuan. date: 2012-08-05 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10131/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10131/2/BAB%20II%2C%20III.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10131/5/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10131/6/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10131/7/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10131/8/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10131/9/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10131/10/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10131/11/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10131/12/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10131/15/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10131/16/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10131/17/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10131/18/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10131/19/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10131/20/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10131/21/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10131/22/small.jpg identifier: AINI QOLBIYATI, NIM. 08410168 (2012) KETERAMPILAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENGADAKAN VARIASI PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN KALIJAGA SERUT, GEDANGSARI, GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.