<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM\r\nMENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI KELAS IXE\r\nMTsN YOGYAKARTA II\r\n"^^ . "Mirani Yunika Wati. Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam\r\nMeningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa di Kelas IX E MTsN Yogyakarta II.\r\nSkripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan\r\nKeguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 2012.\r\nPenelitian ini memiliki latar belakang masih minimnya kecerdasan emosi\r\nmembuat siswa di MTsN Yogyakarta II khususnya kelas IX E tidak dapat\r\nmengendalikan dan mengontrol emosinya yang mengakibatkan emosi diarahkan\r\nkepada hal-hal yang negatif misalnya sering berkelompok dengan anak-anak nakal\r\ndan banyak siswa yang sering membolos. Untuk dapat mengendalikan dan\r\nmengontrol emosi siswa masih membutuhkan adanya bimbingan, arahan dan\r\nmotivasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru\r\nbimbingan dan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di\r\nkelas IX E MTsN Yogyakarta II, dan bagaimanakah langkah-langkah guru\r\nbimbingan dan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di\r\nkelas IX E MTsN Yogyakarta II. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk\r\nmengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kecerdasan\r\nemosional siswa di kelas IX E MTsN Yogyakarta II dan untuk mengetahui\r\nlangkah-langkah guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kecerdasan\r\nemosional siswa di kelas IX E MTsN Yogyakarta II\r\nJenis Penelitian adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang\r\nmenjadi subjek penelitian adalah guru BK kelas IX E MTsN Yogyakarta II,\r\nkepala sekolah MTsN Yogyakarta II dan siswa kelas IX E MTsN Yogyakarta II .\r\nPengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara,\r\ndan dokumentasi. Dalam menganalisis data dilakukan dengan menggunakan\r\nmetode analisis deskriptif analitik.\r\nHasil Penelitian dapat dianalisis bahwa 1) Peran guru BK dalam\r\nmeningkatkan kecerdasan emosional siswa di kelas IX E MTsN Yogyakarta II\r\nsebagai motivator peningkatan kecerdasan emosional siswa. Sebagai motivator\r\nguru BK memberikan bimbingan, arahan, dorongan serta contoh tindakan yang\r\ndapat dilakukan siswa dalam meningkatkan kecerdasan emosinya yang meliputi\r\naspek pemahaman, pencegahan, pengentasan serta pemeliharaan dan\r\npengembangan. 2) Langkah-Langkah yang dilakukan guru BK dalam\r\nmeningkatkan kecerdasan emosional siswa di kelas IX E MTsN Yogyakarta II\r\nantara lain: Dalam hal a) Kesadaran diri membekali siswa dengan berbagai\r\npengetahuan dan informasi untuk dapat memecahkan masalah. b) Pengelolaan\r\nemosi guru BK melakukan pendekatan kepada siswa, menerapkan kedisiplinan,\r\nmengadakan bimbingan psikologis, menghindari stress yang berlebihan,\r\nmenerapkan sistem belajar murder, memupuk rasa percaya diri, mengadakan\r\nbimbingan keagamaan. c) Pemanfaatan emosi secara produktif mengadakan\r\nkegiatan pengembangan diri, kegiatan AMT, program rintisan madrasah unggul.\r\nd) Empati guru mengajarkan peduli terhadap lingkungan.e) Membina hubungan\r\ndengan memberikan informasi tentang kecakapan hidup, serta program home visit\r\nKata kunci: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Kecerdasan Emosional Siswa,\r\ndi Kelas IX E MTsN Yogyakarta II\r\n"^^ . "2012-08-03" . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 06470006"^^ . "MIRANI YUNIKA WATI"^^ . "NIM. 06470006 MIRANI YUNIKA WATI"^^ . . . . . . "PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM\r\nMENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI KELAS IXE\r\nMTsN YOGYAKARTA II\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM\r\nMENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI KELAS IXE\r\nMTsN YOGYAKARTA II\r\n (Text)"^^ . . . "PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM\r\nMENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI KELAS IXE\r\nMTsN YOGYAKARTA II\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM\r\nMENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI KELAS IXE\r\nMTsN YOGYAKARTA II\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM\r\nMENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI KELAS IXE\r\nMTsN YOGYAKARTA II\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM\r\nMENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI KELAS IXE\r\nMTsN YOGYAKARTA II\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM\r\nMENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI KELAS IXE\r\nMTsN YOGYAKARTA II\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM\r\nMENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI KELAS IXE\r\nMTsN YOGYAKARTA II\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM\r\nMENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI KELAS IXE\r\nMTsN YOGYAKARTA II\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM\r\nMENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI KELAS IXE\r\nMTsN YOGYAKARTA II\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #10135 \n\nPERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM \nMENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI KELAS IXE \nMTsN YOGYAKARTA II \n\n\n" . "text/html" . . . "Kependidikan Islam"@id . .