TY - THES ID - digilib10140 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10140/ A1 - ANDHIKA ABRIAN SAPUTRA, NIM. 08410067 Y1 - 2012/08/05/ N2 - ANDHIKA ABRIAN SAPUTRA. Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kesenian Hadrah Di MAN Wonokromo, Pleret, Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan Islam sangat berpengaruh terhadap perkembangan peserta didik baik dari segi aqidah, ibadah, akhlak maupun sosial. Melihat realita yang ada saat ini bahwa kesenian hadrah di pandang sebelah mata oleh sebagian orang. Sebenarnya dalam kegiatan ini terkandung beberapa nilai pendidikan Islam jika diteliti lebih mendalam. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian terhadap kegiatan hadrah di MAN Wonokromo, Pleret, Bantul. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana poses kegiatan Hadrah di MAN Wonokromo Pleret Bantul, apa sajakah nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kegiatan Hadrah dan apa saja manfaat kegiatan hadrah ini diadakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar kegiatan Hadrah di MAN Wonokromo Pleret Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kegiatan hadrah MAN Wonokromo dilaksanakan setiap hari sabtu setelah jam pembelajaran selesai pada pukul 14.00- 16.00 WIB. Adapun pesertanya adalah siswa kelas X dan kelas XI dari masingmasing jurusan. Alat yang digunakan dalam kegiatan ini adalah terbang bass dan dumbuk pinggang. (2) Nilai-nilai pendidikan Islam yang ditemukan dalam penelitian ini diantaranya: a) Nilai Akidah. Sholawat hadrah dapat meningkatkan keimanan peserta didik khususnya, karena dalam syair hadrah juga berisi tentang ke-Esaan Allah SWT juga pujian terhadap Rasulullah SAW. b) Nilai Akhlak yang sangat berperan penting dalam pembentukan akhlak yang baik kepada peserta didik karena dengan mengikuti kesenian hadrah ini mereka menjadi terbiasa bersikap dan berkata-kata baik. c) Nilai ibadah yang merupakan bentuk pengabdian, penghambaan atau penyembahan. d) Nilai sosial. Dalam aspek sosial kesenian ini memberikan banyak pembelajaran kepada peserta didik tentang pentingnya berkomunikasi dengan sesama, tolong menolong dan lain sebagainya. Adapun contoh dari nilai sosial dalam kesenian hadrah diantaranya yaitu menjalin silaturahmi, memupuk solidaritas, menambah pengalaman ilmu. (3) Siswa-siswi MAN Wonokromo memberikan respon yang cukup baik terhadap kegitan hadrah. Hal ini terbukti karena munculnya ekstra hadrah di madrasah berawal dari adanya komunitas siswa yang ingin berlatih bersama dan membuat suatu group yang kemudian direspon oleh para guru dan kepala madrasah sehingga terbentuklah kegiatan ekstrakurikuler hadrah. Siswa-siswi memiliki berbagai alasan untuk mengikuti kegiatan hadrah di madrasah ini. Alasan tersebut adalah karena mereka senang bersholawat, ingin melestarikan kesenian Islam, menambah pengalaman dan yang paling utama adalah agar bisa menjadi pelatih di masyarakat. PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - kesenian hadrah M1 - skripsi TI - NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KESENIAN HADRAH DI MAN WONOKROMO, PLERET, BANTUL AV - restricted ER -