<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH\r\nDALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR\r\nBAHASA ARAB SISWA KELAS VIII-C MTsN LAB UIN\r\nYOGYAKARTA, BANTUL"^^ . "ANIS FITROTUNNISA. Penerapan Metode Index Card Match Dalam\r\nMeningkatkan Keaktifan Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIIIC MTsN\r\nLAB UIN Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah\r\nUniversitas islam negeri sunan kalijaga Yogyakarta, 2012.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan\r\nmendeskripsikan penerapan metode Index Card Match dalam pembelajaran\r\nbahasa Arab, meningkatkan keaktifan siswa kelas VIIIC serta mengetahui\r\ntanggapan siswa terkait pembelajaran bahasa Arab setelah menggunakan metode\r\nIndex Card Match. Penelitian ini bersifat kualitatif yang mengambil lokasi di\r\nMadrasah Tsanawiyyah Negeri Laboratorium UIN Sunan kalijaga Yogyakarta.\r\nPengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, interview, observasi,\r\ndokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan proses\r\npembelajaran bahasa Arab dan peningkatan keaktifan siswa melalui metode Index\r\nCard Match serta analisis angket tanggapan siswa. Adapun kegiatan penelitian ini\r\nmeliputi: plan (perencanaan), Action (tindakan), observe (pengamatan), dan\r\nreflect (refleksi).\r\nHasil penelitian ini menunjukkan: pertama, pelaksanaan penelitian\r\ntindakan kelas ini dilakukan dengan dua Siklus, setiap Siklusnya terdiri dari dua\r\npertemuan yang diawali dengan observasi awal pembelajaran dan pra tindakan.\r\nPenerapan metode Index Card Match ini lebih terpusat kepada siswa dalam proses\r\npembelajaran, dengan diberikan tugas kelompok untuk mencari pasangan kartu\r\nssuai dengan pertanyaan dan jawaban. Akhir dari kegiatan ini adalah\r\nevaluasi/penilaian dari setiap hasil kerja kelompok. Kedua, adanya peningkatan\r\nkeaktifan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Arab. aspek keaktifan siswa\r\ntersebut meliputi: antusiasme dalam mengerjakan tugas, mengerjakan tugas sesuai\r\nwaktu, senang setiap mengikuti pembelajaran, mencari sumber belajar lain,\r\nmengemukakan pendapat dalam kelompok, bertanya kepada guru jika materi\r\nkurang jelas, berpartisipasi dalam kelompok, saling membantu dalam kelompok,\r\nmendengarkan pendapat orang lain, dan saling bertanya dalam kelompok.\r\nSecara umum, peningkatan yang terjadi cukup signifikan. Pada Pra\r\nTindakan diperoleh hasil prosentase sebesar 39,2%, kemusian pada Siklus I\r\nmeningkat menjadi 71,60%, dan pada Siklus II meningkat menjadi 84,70%. Dan\r\nyang ketiga, tanggapan siswa menunjukan bahwa metode Index Card Match ini\r\nbaik digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa\r\nArab. dengan kategori setuju yaitu sebesar 70,65%."^^ . "2012-08-05" . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08420115"^^ . "ANIS FITROTUNNISA"^^ . "NIM. 08420115 ANIS FITROTUNNISA"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH\r\nDALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR\r\nBAHASA ARAB SISWA KELAS VIII-C MTsN LAB UIN\r\nYOGYAKARTA, BANTUL (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH\r\nDALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR\r\nBAHASA ARAB SISWA KELAS VIII-C MTsN LAB UIN\r\nYOGYAKARTA, BANTUL (Text)"^^ . . . "PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH\r\nDALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR\r\nBAHASA ARAB SISWA KELAS VIII-C MTsN LAB UIN\r\nYOGYAKARTA, BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH\r\nDALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR\r\nBAHASA ARAB SISWA KELAS VIII-C MTsN LAB UIN\r\nYOGYAKARTA, BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH\r\nDALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR\r\nBAHASA ARAB SISWA KELAS VIII-C MTsN LAB UIN\r\nYOGYAKARTA, BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH\r\nDALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR\r\nBAHASA ARAB SISWA KELAS VIII-C MTsN LAB UIN\r\nYOGYAKARTA, BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH\r\nDALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR\r\nBAHASA ARAB SISWA KELAS VIII-C MTsN LAB UIN\r\nYOGYAKARTA, BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH\r\nDALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR\r\nBAHASA ARAB SISWA KELAS VIII-C MTsN LAB UIN\r\nYOGYAKARTA, BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH\r\nDALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR\r\nBAHASA ARAB SISWA KELAS VIII-C MTsN LAB UIN\r\nYOGYAKARTA, BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH\r\nDALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR\r\nBAHASA ARAB SISWA KELAS VIII-C MTsN LAB UIN\r\nYOGYAKARTA, BANTUL (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #10146 \n\nPENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH \nDALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR \nBAHASA ARAB SISWA KELAS VIII-C MTsN LAB UIN \nYOGYAKARTA, BANTUL\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .